Connect with us

Ceramah Ekstrem Zakir Naik Usik Muslim Moderat Malaysia

KABAR

Ceramah Ekstrem Zakir Naik Usik Muslim Moderat Malaysia

SYIARNUSANTARA.ID – Tak hanya mengusik sejumlah organisasi islam di Indonesia, ceramah ekstrem juru dakwa asal India, Zakir Naik juga mengusik organisasi muslim moderat Malaysia atau G25. Organisasi ini terusik dengan keberadaan pendakwah Islam kontroversial Zakir Naik, di negara itu.

Menurut organisasi ini, pernyataan ekstrem Zakir Naik dalam berbagai ceramahnya  telah meningkatkan kekhawatiran menyusul toleransi yang ditunjukkan pihak berwenang Malaysia.

“Kami percaya pada kebebasan berbicara. Namun, bila diizinkan untuk mendukung orang tertentu dan menolak pendapat orang lain yang memiliki pandangan berbeda, ini bukanlah kebebasan yang sehat bagi masyarakat multibudaya kita,” demikian pernyataan G25, seperti dilansir Asia Correspondent, beberapa waktu lalu.

Pernyataan ini dikeluarkan sebagai bentuk protes G25 terhadap Kementerian Dalam Negeri Malaysia yang memberikan hak tinggal permanen atau PR untuk Zakir Naik.

“Sikap Zakir Naik terhadap agama lain dapat menyebabkan kerugian sosial yang serius di negara multirasial dan sekuler seperti Malaysia. Kami mengecam pemberian status penduduk tetap dari Kementerian Dalam Negeri tanpa diketahui publik apakah ia telah memenuhi kriteria dan kualifikasi yang ketat untuk kelayakan yang berlaku bagi orang lain,” G25 menegaskan.

sikap maupun pernyataan organisasi muslim moderat Malaysia tersebut kini dipublikasikan di berbagai media berita utama Malaysia, termasuk Malaysian Mail Online, Free Malaysia Today, dan The Malaysian Insight.

G25 menyatakan menghormati hak demokrasi Zakir Naik. Kendati demikian, organisasi ini tetap mengecamnya karena mengemukakan pandangannya tentang Islam dengan cara membandingkannya dengan agama-agama lain seraya mengutip dari berbagai kitab suci.

Karena itu, G25 menyatakan cara dakwah atau pandangan semacam itu justru akan mengusik kalangan umat Islam, serta menciptakan kemarahan kalangan nonmuslim karena sering mengejek doktrin dan praktik keagamaan lainnya.

G25 mengatakan akan terus berkomitmen untuk mengupayakan kehidupan yang adil, demokratis, damai, toleran, harmonis, moderat, dan progresif multirasial, multikultural, serta multi-agama Malaysia dengan mengutip ajaran Islam Wassatiyah dan Maqasid Syariah.

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading
You may also like...
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top