Connect with us

Kemlu: Islam Moderat Indonesia Aset Politik Luar Negeri

Islam moderat di Indonesia yang hidup saling berdampingan ini adalah aset dalam perencanaan luar negeri.

KABAR

Kemlu: Islam Moderat Indonesia Aset Politik Luar Negeri

SYIARNUSANTARA.ID – Islam moderat yang berkembang dan diikuti sebagian besar umat Islam di Tanah Air ternyata diakui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) sebagai salah satu aset kementerian dalam rangka melaksanakan politik luar negeri Indonesia.

Direktur Diplomasi Politik Kemenlu Al Busyra Basnur mengatakan, Islam moderat di Indonesia yang hidup saling berdampingan ini adalah aset dalam perencanaan luar negeri.

“Islam moderat merupakan aset dalam perencanaan hubungan luar negeri, selain aset keberagaman maupun kekayaan seni dan budaya,” kata Al Busyra dalam diskusi sehari dengan tema Islam Moderat sebagai Elemen Politik Luar Negeri RI di Hotel Santika Premiere Semarang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Diskusi tersebut diselenggarakan oleh Asisten Deputi Hubungan Luar Negeri, Sekretariat Wakil Presiden. Acara ini dihadiri oleh pejabat di lingkungan Kementerian/Lembaga, termasuk perwakilan dari Asdep Humas dan Protokol Sekretariat Kabinet (Setkab), perwakilan Muhammadiyah, NU, KNPI, Universitas Diponegoro Semarang, UIN Walisongo Semarang, dan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Al Busyra Basnur mengatakan, hanya di Indonesia, Islam demokrasi dan modernitas hidup saling mendukung dan berdampingan.

Terkait dengan upaya pengembangan islam moderat, Kemenlu sendiri mempunyai beberapa program yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang Islam moderat di Indonesia. Di antaranya melalui dialog lintas agama (DLA/Interfaith Dialogue), sebagai salah satu program strategis dalam diplomasi Indonesia.

Al Busyra menyebutkan, hingga saat ini sudah ada 27 negara terlibat dalam program ini. Bahkan, belum lama ini Myanmar dan Singapura turut bergabung dan menyatakan keterlibatannya dalam program ini.

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading
You may also like...
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top