Connect with us

Obama Dukung Pluralisme Indonesia

KABAR

Obama Dukung Pluralisme Indonesia

SYIARNUSANTARA.ID – Pidato mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di Jakarta, beberapa waktu lalu menunjukkan besarnya dukungan Obama terhadap pluralisme di Indonesia.

Pidato Obama menyiratkan dukungan yang besar terhadap upaya Indonesia untuk mempertahankan karakter pluralisme, kebhinekaan, dan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Selain itu, Obama juga memberikan dukungan pada Presiden Joko Widodo dalam menghadapi ancaman terhadap pluralisme, termasuk radikalisme agama. Saat itu, ia menyebut Jokowi sebagai “tokoh dengan integritas yang pendiam namun tegas.”

Dalam pidatonya Obama mengakui bahwa di sebagian negara berkembang terjadi eskalasi penguatan nasionalisme secara agresif dan kebencian meningkat terhadap kelompok minoritas. “Penting di Indonesia, Amerika Serikat, Eropa, di manapun, untuk menolak politik kita melawan mereka,” ujarnya.

Meski Obama sudah tak lagi menjabat presiden namun ia disambut hangat di Indonesia. Kehadirannya mewakili masyarakat AS yang menjunjung kebebasan berpendapat di Indonesia diyakininya, sehingga dapat menjadi ‘energizer’ kelompok-kelompok yang risau akan meningkatnya intoleransi di tanah air.

Sementara di Amerika Serikat sendiri, intoleransi dan sentiment anti minoritas meningkat pasca pilpres 2016 dan terpilihnya Donald Trump sebagai presiden. Data lembaga advokasi Muslim Council on American Islamic Relations (CAIR) menunjukkan selama 2016 ada peningkatan 57% insiden anti Muslim di AS.

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading
You may also like...
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top