Connect with us

PBNU: Islam Ajarkan Kedamaian

KABAR

PBNU: Islam Ajarkan Kedamaian

SYIARNUSANTARA.ID – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menegaskan Islam merupakan agama yang mengajarkan kedamaian, keselamatan, dan menyerahkan diri pada Sang Pencipta.

Dia menjelaskan, kata Islam berasal dari Bahasa Arab yang memiliki sinonim dengan kata Salam yang berarti keselamatan dan kedamaian.

“Jadi Islam itu adalah agama yang mengajarkan damai, keselamatan dan menyerahkan diri sepenuhnya pada sang pencipta, Tuhan Yang Maha Kuasa,” tutur Said dalam acara Halal Bihalal Fatayat NU dengan Perwakilan Lintas Agama di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Said menjelaskan pada dasarnya agama merupakan nila-nilai universal yang dalam Islam disebut Rahmatan lil Alamin.

Dalam sejarahnya, ujar Said, berkembang menjadi doktrin atau ajaran yang diikuti banyak manusia sehingga jadilah suatu perkumpulan. “Misalnya Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Buddha, Konghucu dan lainnya,” katanya.

Setelah menjadi sebuah perkumpulan, ujar Said, muncullah lembaga yang menaungi agama tersebut. Pada tahap inilah, katanya, banyak godaan yang menjadikan agama sebagai komoditi atau dagangan.

“Maka betapa nistanya kita memahami agama kalau hanya sebagai dagangan. Maka kita harus kembali ke pemahaman yang benar,” kata Said.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top