Connect with us

Kemenag Terbitkan Buku Ajar Islam Moderat

KABAR

Kemenag Terbitkan Buku Ajar Islam Moderat

SYIARNUSANTARA.ID – Kementerian Agama (Kemenag) berencana untuk menerbitkan buku panduan ajaran Islam moderat di tingkat madrasah. Rencana penerbitan buku tersebut merupakan salah satu dari 12 program pengarusutamaan Islam moderat di madrasah yang sedang disiapkan Kemenag.

Menurut Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, Kemenag akan menerbitkan sebuah buku panduan konprehensif tentang pengarusutamaan ajaran Islam yang moderat. “Jadi, kita tidak menyebutkan deradikalisasi. Saya tidak suka dengan kata deradikalisasi itu karena seakan-akan sudah radikal,” ujarnya.

Ia berharap, buku penduan Islam moderat tersebut nantinya dapat menjadi insturmen pembentukan karakter siswa. “Kita sedang menulis buku-buku agama itu. Nanti, isinya itu, pengarusutamaan Islam moderat ini. Jadi, semua tentang bagaimana agama itu bisa menjadi betul-betul bisa menjadi instrumen pembinaan karakter,” kata Kamaruddin.

Saat ini, ujarnya, Kemenag sedang melakukan finalisasi terkait 12 program pengarusutamaan Islam moderat di madrasa tersebut. Selain di madrasah, kata dia, nantinya Kemenag juga akan memperkuat ajaran Islam moderat di perguruan tinggi, di pesantren, dan sekolah umum dengan cara melakukan pembinaan terhadap guru agama yang mengajar di sekolah.

“Kita ingin pelajaran agama itu menjadi instrumen perekat sosial. Pelajaran agama itu menjadi instrumen pembinaan karakter. Jadi agama tidak hanya untuk menjadikan anak-anak itu menjadi saleh,” kata Kamaruddin.

Ia juga berharap, nantinya di madrasah juga akan diadakan pendidikan multikultural dan pendidikan anti-korupsi, sehingga dapat memperkuat integritas dan tolernsi di kalangan siswa.

“Dengan agama para siswa diharapkan bisa menghargai orang lain, memahami perbedaan, serta memahami bahwa di dalam dirinya ada agama lain yang harus dihormati,” ujar dia.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M. Nur Kholis Setiawan mengatakan, bahwa

Rencananya 12 program tersebut akan dilaksanakan mulai pada tahun ini dan tahun 2018. Selain dimaksudkan dalam rangka mengarusutamakan Islam moderat, 12 program strategis yang sedang dirumuskan tersebut juga dimaksudkan untuk melakukan kontra radikalisme di madrasah.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top