Connect with us

Belasan Masjid di Indonesia Ditengarai Dukung ISIS

KABAR

Belasan Masjid di Indonesia Ditengarai Dukung ISIS

SYIARNUSANTARA.ID – Setidaknya belasan masjid di Indonesia ditengarai menyebarkan ideologi yang mengarah pada dukungan terhadap kelompok teroris Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Karena itu, masjid-masjid ini saat ini diawasi oleh pihak keamanan karena dalam kegiatannya terindikasi mendukung kelompok teroris ISIS, serta menyebarkan ideologi mereka dan merekrut pejuang untuk pergi ke Suriah.

Menurut laporan yang diperoleh ABC News dan diberitakan http://www.australiaplus.com, terdapat 41 masjid di 16 provinsi yang dipantau, seperti terungkap dalam laporan penelitian yang dilakukan atas nama pemerintah.

Dari semua itu, tim peneliti menemukan bahwa 16 masjid di tujuh provinsi secara resmi dinyatakan sebagai pendukung kelompok ISIS yang terus memantau tempat-tempat ibadah ini secara rahasia.

Kepala Tim Peneliti yang juga adalah analis mengenai tindak terorisme Indonesia Adhe Bhakti dalam wawancara eksklusif dengan ABCNews mengatakan, pesantren dan kelompok pengajian juga digunakan untuk menyebarkan ideologi ISIS yang radikal. “Kami menemukan berbagai penggunaan masjid yang berbeda,” katanya.

Menurutnya, beberapa masjid murni digunakan untuk menyebarkan ideologi. “Yang lain digunakan sebagai tempat untuk konsolidasi, dan bahkan pengurus masjid (marbot) akan bertindak sebagai agen perjalanan bagi mereka yang ingin ke Suriah,” ujarnya.

Bahkan ujar Bhakti, mereka bahkan mengumpulkan dana bagi yang tidak memiliki dana untuk ke sana, sehingga mereka bisa pergi ke Suriah.

Selama beberapa bulan, Bhakti dan timnya mendatangi masjid dan pengajian, dengan berpura-pura menjadi jamaah, dan mencatat khutbah dan diskusi yang sedang berlangsung.

“Kami adalah anggota kelompok pengajian. Kami ikut kegiatan mereka. Kami mewawancarai jamaah yang hadir, jadi kami mengumpulkan informasi dengan berbagai cara,” katanya.

“Kami mengamati langsung, atau lewat sumber-sumber, dan juga dari wawancara yang kami lakukan,” ujar Bhakti.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top