Connect with us

Pemerintah-Ulama Bersinergi Antisipasi Penyebaran Paham Radikal

KABAR

Pemerintah-Ulama Bersinergi Antisipasi Penyebaran Paham Radikal

SYIARNUSANTARA.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan, para ulama mendukung upaya pemerintah membubarkan organisasi yang menyimpang dari empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Mereka memberikan dukungan kepada pemerintah yang ingin membubarkan organisasi apapun, ormas dan LSM yang mengarah pada penyimpangan empat konsensus itu,” ujar Wiranto saat ditemui di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (31/7/2017).

Selanjutnya, Wiranto menjelaskan, para ulama bertekad akan melakukan sinergi dengan pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran paham radikal di tengah masyarakat.

Sinergi tersebut, ujarnya, juga dilakukan sambil berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa ormas berbasis keagamaan harus sejalan dengan empat pilar kebangsaan sebagai konsensus nasional.

“Mereka menghimpun pemikiran-pemikiran baru mengenai bagaimana cara ormas Islam dalam mempertahankan konsensus nasional,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan pemerintah merasa berbagai konflik yang terjadi di masyarakat sudah dalam tahap memprihatinkan.

Untuk itu, ujarnya, para ulama dan tokoh masyarakat pun diminta bersinergi menyebarkan kesejukan dan pesan perdamaian.

“Saya berharap tokoh agama, tokoh budaya, masing-masing bisa menyejukkan, mendamaikan, saling membangun bersama,” kata Khofifah.

Sebab, menurut Khofifah, konflik yang kerap terjadi di masyarakat didominasi isu agama. Isu tersebut dinilai sangat cepat menuai reaksi ketika menyebar ke berbagai lapisan masyarakat.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top