Connect with us

437 Mahasiswa dari 53 PT Ikuti KKN Kebangsaan 2017

KABAR

437 Mahasiswa dari 53 PT Ikuti KKN Kebangsaan 2017

SYIARNUSANTARA.ID – Sekitar 437 mahasiswa terbaik dengan latar belakang keilmuan, suku bangsa dan budaya berbeda yang berasal dari 53 perguruan tinggi dari berbagai provinsi di Indonesia dan dua perguruan tinggi dari luar negeri (Malaysia dan Jepang) berbaur menjadi satu di kampus Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Mereka mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2017, yang dilaksanakan selama kurang lebih 1 bulan sejak tanggal 22 Juli hingga 23 Agustus 2017 di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

KKN Kebangsaan 2017 diresmikan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir. KKN Kebangsaan 2017 mengangkat tema “Merajut tali kebangsaan melalui penerapan program konservasi lingkungan dalam mendukung kedaulatan pangan berbasis pemberdayaan”.

“Kegiatan KKN Kebangsaan ini memiliki posisi yang strategis, selain untuk mencapai tujuan dan sasaran KKN seperti umumnya, KKN Kebangsaan ini memiliki misi khusus untuk merajut Persatuan dan Kesatuan NKRI, dengan diikuti oleh utusan terbaik dari perguruan tinggi dari seluruh tanah air,” ujar Nasir.

KKN Kebangsaan di Gorontalo merupakan KKN Kebangsaan ketiga yang telah diselenggarakan oleh Kemenristekdikti. Nasir mengatakan, peserta KKN Kebangsaan diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di masyarakat.

Kegiatan KKN Kebangsaan ini , kata Nasir, lebih ditekankan pada penanaman kemampuan berpikir kreatif, kritis serta kemampuan ‘problem solving’ para peserta. Selain itu, menurut Nasir, banyak teknologi dan inovasi karya perguruan tinggi dapat diterapkan oleh mahasiswa peserta KKN Kebangsaan bagi masyarakat.

“KKN Kebangsaan ini akan sangat bermanfaat di masa depan dengan terbangunnya jejaring kemitraan antar mahasiswa se-Indonesia sehingga kelak dapat menjadi pemimpin yang baik, profesional di bidangnya, dan terus merajut rasa kebangsaan, cinta tanah air, dan memahami serta menghayati Bhinneka Tunggal Ika dalam wadah NKRI yang utuh dan kokoh,“ jelas Nasir.

Pembinaan kegiatan KKN Kebangsaan tahun ini difokuskan meningkatkan dan mempererat tali kebangsaan melalui semangat nasionalisme dan rasa persaudaraan antar perguruan tinggi dan mahasiswa se-Indonesia.

Selain itu, acara ini juga dimaksudkan untuk mendorong dan memacu pembangunan nasional yang berkelanjutan dengan penerapan prinsip konservasi lingkungan. KKN Kebangsaan juga memfokuskan pada peningkatan dan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kedaulatan pangan sebagai bagian dari pembangunan nasional.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top