Connect with us

Nasib Eks HTI Ditentukan SKB 3 Menteri

KABAR

Nasib Eks HTI Ditentukan SKB 3 Menteri

SYIARNUSANTARA.ID – Pemerintah tengah membahas Surat Keputusan Bersama (SKB) peringatan dan pembinaan terhadap mantan anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Letjen TNI Yoedhi Swastono mengatakan SKB itu melibatkan tigak kementerian.

“Masih diproses, masih pembahasan. Nanti setelah itu ditandatangani oleh tiga kementerian (Kemenko Polhukam, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Hukum dan HAM) dan satu jaksa agung,” katanya.

SKB tersebut, Yoedhi menjelaskan, merupakan tindak lanjut dari peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) nomor 2 tahun 2017 tentang organisasi kemasyarakatan (ormas). SKB itu dimaksudkan untuk lebih mengefektifkan implementasi Perppu.

“Intinya itu imbauan kita semua bahwa perppu itu menyangkut masalah organisasi masing-masing di masyarakat. Itu saja intinya di SKB-nya,” kata Yoedhi.

Yoedhi mengatakan, dengan SKB tersebut masyarakat juga diimbau tidak melakukan aksi main hakim sendiri atau persekusi terhadap ormas ataupun anggota ormas yang dilarang pemerintah.

“Di SKB kan imbauan pembinaan bagi kita, jadi masyarakat juga diimbau tidak melakukan aksi-aksi untuk katakanlah melakukan eksekusi terhadap organisasi yg dinyatakan sebagai dilarang, itu enggak boleh,” ujar Yoedhi.

Sebelumnya, pada 31 Juli 2017, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto memimpin rapat membahas SKB tentang Peringatan dan Pembinaan Terhadap Mantan Anggota HTI.

Rapat juga diikuti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, Deputi Bidang SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Soedarmo, dan Jaksa Agung Muda Intelijen Kejaksaan Agung M. Adi Toegarisman.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top