Connect with us

Mahasiswa Siap Kawal Pemerintah Cegah Paham Radikalisme

KABAR

Mahasiswa Siap Kawal Pemerintah Cegah Paham Radikalisme

SYIARNUSANTARA.ID – Perwakilan mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Garda NKRI mendukung upaya pemerintah dalam hal ini menjaga ideologi Pancasila, kebhinnekaan dan mendukung pemberantasan paham radikalisme di negara kesatuan Republik Indonesia.

Dukungan tersebut disampaikan saat mereka menyambangi Kantor Staf Kepresidenan (KSP) di Kompleks Istana Presiden, Jakarta (1/8/2017). Mereka disambut Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Eko Sulistyo.

Dukungan terhadap pemerintah dalam memberantas paham radikalisme merupakan salah satu poin rekomendasi hasil Jambore Nasional Mahasiswa yang diinisiasi Komite Aksi Mahasiswa untuk Reformasi dan Demokrasi (Kamerad) di Cipayung, Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

“Empat poin ini menjadi isu penting yang sudah disepakati bersama di Jambore Nasional Garda NKRI di Cipayung Bogor. Salah satunya adalah pentingnya menjaga dan mengamalkan Pancasila ditengah kondisi bangsa yang belakangan ini masih saja berkutat pada isu perbedaan maupun keberagaman,” ujar salah satu inisiator Garda NKRI Haris Pertama.

Haris juga memberikan apresiasi pada pemerintah atas terbitnya Perppu ormas untuk membubarkan ormas anti Pancasila. Dengan demikian, ujar dia, para mahasiswa siap menjadi garda terdepan untuk mensosialisasikan dalam pencegahan paham radikalisme dan anti Pancasila terutama yang masuk kampus.

“Tujuannya jangan sampai paham itu menular pada para mahasiswa. Yang sudah dibubarkan akan kita rangkul dan lakukan pembinaan agar tidak berkhianat pada Pancasila dan NKRI itu sendiri,” kata Haris.

Ia pun mengusulkan agar perguruan tinggi baik negeri maupun swasta membekali para mahasiswanya dengan berbagai kegiatan bela negara dan wawasan kebangsaan.

“Kita berharap bersama agar Indonesia bisa bebas dari paham radikalisme dan selalu menjaga serta merawat nilai kebhinnekaan. Kami menolak aliran maupun kelompok atau ormas yang merongrong NKRI dan pemerintahan yang sah,” jelasnya.

Ia menambahkan, keberhasilan Indonesia merdeka dan bertahan hingga saat ini tak lepas dari Pancasila yang menjadi ideologi bangsa. “Pancasila itu sakti, dan mampu mencakup semua sendi kehidupan manusia,” kata dia.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top