Connect with us

Kemendagri Didesak Fasilitasi Warga Ahmadiyah Dapatkan KTP Elektronik

KABAR

Kemendagri Didesak Fasilitasi Warga Ahmadiyah Dapatkan KTP Elektronik

SYIARNUSANTARA.ID – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) didesak untuk memfasilitasi atau memberikan akses bagi warga penganut Ahmadiyah di Kuningan, Jawa Barat, untuk memiliki KTP elektronik.

Desakan itu disampaikan Tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) yang juga Ketua Moderate Muslim Society Zuhairi Misrawi. Menurutnya ia terpanggil untuk turut serta mengakomodasi kepentingan sejumlah warga Ahmadiyah khususnya di Kuningan, Jawa Barat, yang dipersulit untuk memiliki KTP elektronik.

“Jemaat Ahmadiyah sudah ada di Indonesia sejak tahun 1928, dan turut berperan dalam kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Gus Mis, panggilan akrabnya.

Zuhairi mengatakan, seperti halnya warga negara lainnya, warga Ahmadiyah juga sudah banyak berperan dalam mempererat solidaritas kebangsaan dan kerja-kerja kemanusiaan.

Mereka dikenal sebagai warga yang cinta Tanah Air dan menebarkan Islam yang ramah, moderat, dan toleran. Maka dari itu, menurut Zuhairi, perlakuan diskriminatif dan intimidatif sangat disesalkan.

“Bahkan, donatur mata warga Ahmadiyah Indonesia mendapatkan rekor dunia,” katanya.

Sampai saat ini, ia menambahkan, warga Ahmadiyah di banyak wilayah lain.tidak mempunyai kesulitan untuk mendapatkan KTP-elektronik

Mereka hanya dipersulit di Manislor, Kuningan, Jawa Barat. Karena itu, ujarnya, semestinya Bupati Kuningan dan Dukcapil Kemendagri Kuningan tidak mempersulit KTP elektronik.

“Saya mendesak Dukcapil Kemendagri Kuningan untuk segera memberikan KTP elektronik kepada warga Ahmadiyah Manislor,” kata Misrawi.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top