Connect with us

Jimly: SKB Soal Ormas Bukan untuk Persekusi

KABAR

Jimly: SKB Soal Ormas Bukan untuk Persekusi

SYIARNUSANTARA.ID – Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie mengingatkan agar semua pihak tidak menyalahartikan keberadaan surat keputusan bersama (SKB) antarkementerian yang rencananya segera dikeluarkan pemerintah.

Keberadaan SKB, Jimly menilai, memang diperlukan. Kendati demikian, ia berharap jangan sampai SKB digunakan untuk melakukan intimidasi atau tindakan persekusi terhadap kelompok tertentu.

“Nanti dalam praktik jangan sampai dipakai untuk persekusi. Sebab bisa melanggar hak asasi manusia. Bangsa kita ini suka (pernah) latah, dan terbukti dalam sejarah tahun 1965 ketika semua orang dicatetin, tetangga abak cucunya dicatetin padahal tidak ada kesinambungan, jadi melebar. Jadi jangan sampai begitu,” jelas Jimly.

Untuk itu, Jimly menyarankan, sebaiknya SKB diimplementasikan dalam bentuk pendidikan moral bagi masyarakat dan juga jajaran pegawai negeri sipil (PNS).

“SKB ini bagus untuk pendidikan moral bangsa. Jangan disalahtafsirkan sebab niat pemerintah baik. Hanya harus diingatkan agar nanti dalam praktiknya jangan sampai berlebihan,” katanya.

Jimly menambahkan, bentuk lain dari implementasi SKB dengan cara penataran seperti saat penataran Butir-butir Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4).

“Cara mencegah persekusi juga perlu diingatkan dari sekarang. Para menterinya harus merumuskan sedemikian rupa dan nanti dalam sosialisasi dijelaskan jangan sampai berlebihan,” kata Jimly.

Sebelumnya, diberitakan bahwa pemerintah akan mengeluarkan SKB untuk melakukan pembinaan terhadap masyarakat dan eks anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

SKB ini merupakan tindak lanjut atas dikeluarkannya Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang organisasi kemasyarakatan (Ormas).  SKB akan berbentuk imbauan kepada kementerian dan lembaga terkait yang isinya meminta agar mereka melakukan pembinaan.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top