Connect with us

MPR: Konstitusi Amanatkan Persatuan dalam Keberagaman

KABAR

MPR: Konstitusi Amanatkan Persatuan dalam Keberagaman

SYIARNUSANTARA.ID – Perayaan Hari Konstitusi setiap tanggal 18 Agustus memiliki banyak makna bagi Bangsa Indonesia. Salah satunya, inilah kesepakatan bersama untuk hidup bersatu dalam keberagaman sejak 72 Tahun lalu.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat menyampaikan Pidato Peringatan Hari Konstitusi di Gedung Nusantara IV, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta (18/08/2017) mengatakan, merayakan hari konstitusi adalah bersyukur dengan nikmat kebhinnekaan sampai hari ini. Karena itu, ujarnya, mari hentikan silang sengketa soal Suku, Agama, dan latar belakang lainnya.

“Konstitusi menggambarkan keseluruhan sistem ketatanegaraan suatu negara, berisi aturan yang merupakan konsensus seluruh warga negara mengenai bangunan negara yang diidealkan,” katanya.

Oleh karena itu, kata Zulkifli, idealnya sebuah konstitusi haruslah memuat hasil perjuangan politik di masa yang lampau, dan merangkum konsensus tokoh-tokoh bangsa yang hendak diwujudkan di masa yang akan datang.

Zulkifli menjelaskan, tantangan utama bangsa Indonesia sekarang ini bukanlah adanya gejala kuat untuk mengubah dasar negara atau bentuk negara seperti yang pernah terjadi dalam sejarah kehidupan berbangsa di Indonesia.

Namun, kata dia, tantangan bangsa kita pada saat ini adalah menjaga kemajemukan sekaligus meneguhkan kemandirian bangsa. Bersatu dan berdaulat.

“Sekarang waktunya bicara bagaimana Indonesia unggul dan mampu bersaing dengan bangsa lain melalui produktivitas, kreativitas dan inovasi,” ujarnya.

“Amanat konstitusi jelas, bahwa siapapun, dari latar belakang apapun, punya hak yang sama di republik ini untuk jadi apa saja,” kata dia.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top