Connect with us

Jangan Beri Celah WNI Eks ISIS

KABAR

Jangan Beri Celah WNI Eks ISIS

SYIARNUSANTARA.ID – Aparat dihimbau untuk tak memberi celah pada warga negara Indonesia eks relawan ISIS. Mereka juga tak boleh dibiarkan menggelar aktivitas radikal yang berpotensi mengancam keamanan nasional.

menurut pengamat terorisme Al Chaidar, aparat sebaiknya langsung menangkap mereka yang aktif melakukan kegiatan-kegiatan yang menyebarkan ide radikal.

“Begitu mereka aktif melakukan kegiatan-kegiatan, memasang bendera, mengumpulkan massa, menyebarkan ide radikal atau bahkan mengasah senjata, langsung dicokok. Diamankan. Jangan segan-segan,” tegas Al Chaidar.

Menurut Al Chaidar, menangkap mereka yang secara aktif melakukan tindak radikalisme tentu tak cukup. Untuk meredam mereka, ujarnya, mereka juga harus dilibatkan dalam program deradikalisasi yang komprehensif dan dipastikan tidak berjejaring lagi dengan ISIS.

“Kalau sel tidur, sewaktu-waktu bisa diaktifkan dan berbahaya. Sebaiknya memang deradikalisasi, tapi karena sulit dan kerap tidak efektif, saat ini harus dimonitor. Dibuat supaya enggak bisa melakukan apa-apa,” katanya.

Sebelumnya, Panglima Kodam Udayana Mayjen Komaruddin Simanjuntak mensinyalir adanya ratusan mantan anggota ISIS yang pulang kampung.

Di antara mereka, sebanyak 50 tinggal di Bali, 25 orang di Nusa Tenggara Timur, dan sekitar 600 orang lainnya berada di Nusa Tenggara Barat.

Mengantisipasi tindak radikalisme, Komaruddin mengatakan TNI bersama Polri mengidentifikasi posisi semua anggota ISIS tersebut. Mereka akan tetap dibuat ‘tertidur’ atau nonaktif demi stabilitas nasional.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top