Connect with us

Pemerintah Tengah Cermati Ormas Menyimpang

KABAR

Pemerintah Tengah Cermati Ormas Menyimpang

SYIARNUSANTARA.ID – Pemerintah telah mengantongi sejumlah bukti adanya organisasi kemasyarakatan (ormas) yang dinilai menyimpang dari ajaran Pancasila.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah tengah mencermati ormas kecil di tingkat lokal daerah.

“Yang jelas bukan ormas keagamaan, hanya kecil-kecil saja di daerah, saya sudah minta gubernur/walikota (mencermati). Apapun ormas yang terdaftar atau tidak, kalau menyimpang dari Pancasila harus dibubarkan,” kata Tjahjo.

Tjahjo enggan menyebutkan berapa ormas tingkat daerah yang dalam proses kajian pemerintah itu. Ia hanya mengungkapkan kalau pihak Kemendagri bersama jajara pemerintah daerah (Pemda) masih mengumpulkan bukti-bukti yang lebih banyak.

“Masih mengumpulkan bukti untuk menguatkan lagi sebelum menindak tegas ormas tersebut,” jelasnya.

Ia menambahkan, tidak mudah bagi pemerintah untuk membubarkan suatu ormas kalau memang belum cukup bukti.

“Seperti HTI saja kemarin, pemerintah telah mencermati organisasi ini sejak lama, sekisar 10 tahun. Makanya, perlu data mendalam lagi untuk membubarkan ormas-ormas menyimpang lainnya,” kata dia.

Selain itu, Tjahjo juga mendorong pemda untuk membuat regulasi tingkat lokal dalam bentuk peraturan daerah (perda) terkait ormas. Dengan begitu, ada acuan bagi mereka bila ingin menyikapi keberadaan organisasi tersebut.

Sejak diterbitkannya Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas, pemerintah langsung membubarkan ormas HTI yang dinilai telah menyimpang dan bertentangan dengan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top