Connect with us

Kepala BNPT Ajak Generasi Muda Hilangkan Budaya Sharing tanpa Saring

KABAR

Kepala BNPT Ajak Generasi Muda Hilangkan Budaya Sharing tanpa Saring

SYIARNUSANTARA.ID – Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius mengajak generasi muda khususnya untuk menghilangkan budaya sharing tanpa saring. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi hoax atau berita bohong yang beredar di media sosial.

“Biasakan untuk adik-adik di sini, kita hilangkan budaya sharing tanpa saring,” kata Suhardi saat memberikan kuliah umum bagi mahasiswa baru di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Jawa Tengah (22/8/2017).

Untuk bisa menyaring informasi, kata Suhardi, jangan mudah terpengaruh dan percaya dengan adanya hoax.

Ia juga mengajak para mahasiswa waspada karena saat ini sasaran teroris adalah generasi muda.

“Sasaran teroris kini generasi muda karena generasi kalian sangat rentan dan sedang mencari identitas diri, tidak berpikir yang lain. Untuk itu, pengetahuan harus terus diterapkan, tak hanya moral saja yang kita tanam,” ujarnya.

Menurut mantan Kabareskrim Polri itu penyebaran radikalisme, bahkan perekrutan teroris, kini bersifat terbuka, yakni melalui website, media sosial, dan messenger. Sebelumnya perekrutan ini dilakukan secara tertutup seperti melalui pertemanan dan kekeluargaan.

“Paham radikal dan aksi teroris di mana pun bisa terjadi. Tidak ada tempat lagi di sini yang steril, radikal sudah bisa masuk lewat mana pun salah satunya melalui smartphone,” katanya.

Mengantisipasi hal tersebut, ia menekankan pentingnya sikap nasionalisme dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Tolong peduli lingkungan, siapa teman kita, siapa lingkungan kita. Dosen juga harus peduli terhadap mahasiswa sehingga jika ada hal yang menyimpang bisa langsung diatasi, jangan sampai terjadi mahasiswa tiba-tiba sudah ada di Irak karena tergabung anggota ISIS,” katanya.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top