Connect with us

Konsep Khilafah Ala HTI Dianggap Salah Kaprah

KABAR

Konsep Khilafah Ala HTI Dianggap Salah Kaprah

SYIARNUSANTARA.ID – Konsep khilafah yang digaungkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dinilai salah kaprah. Sebab, Indonesia telah menjalankan konsep khilafah dengan mengamalkan nilai-nilai keislaman.

Penilaian tersebut disampaikan mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin, saat memberikan sambutan pada peluncuran buku Jimly Asshiddiqie di Universitas Muhammadiyah Jakarta (23/8/2017).

“Saya kira ini perlu dielaborasi lebih lanjut. Khilafah bukan seperti yang dikenal HTI, tetapi sebuah kesadaran untuk membangun bumi,” ujarnya.

Yang perlu dilakukan oleh masyarakat, kata Din, adalah memperkuat keutuhan manusia-manusia Indonesia dengan menghindari maupun menyelesaikan berbagai konflik yang ada.

Menurutnya, masyarakat Indonesia juga harus sadar diri dan menghayati  wawasan kebangsaan yang telah diwariskan oleh para pendiri bangsa.

Din menuturkan, masyarakat juga perlu memahami konsep keislaman sesuai dengan konteks kebudayaan negeri sendiri untuk menghindari kesalahpahaman dalam memahami konsep khilafah.

“Hidup berbangsa dan bernegara merupakan bagian penting, merupakan keniscayaan. Nation state sesuatu yang absah,” katanya.

Menurutnya, konsep keseragaman dalam pengelolaan negara tidak cocok untuk Indonesia sebagai negara yang menjunjung pluralitas.

Konsep kemajemukan Indonesia, katanya, harus diterima dengan kesadaran hidup berdampingan sebagai sebuah bangsa dan negara.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top