Connect with us

Polisi Diharapkan Usut Jaringan Lain Selain Saracen

KABAR

Polisi Diharapkan Usut Jaringan Lain Selain Saracen

SYIARNUSANTARA.ID – Penangkapan jaringan Saracen oleh Polri dinilai sebagai kemajuan penegakan hukum di bidang cyber crime. Bahkan, langkah ini mendapatkan dukungan publik yang luas.

Kendati begitu, anggota Komisi I DPR Charles Honoris menilai, masih banyak situs sejenis Saracen yang aktif menyebarkan hoax dan ujaran kebencian di media sosial.

“Saya mendapatkan informasi bahwa ada jutaan akun dan puluhan ribu situs hoaks yang sudah disiapkan untuk menghadapi perhelatan politik di tahun 2018 dan 2019,” kata Charles.

Apalagi, ujarnya, ujaran kebencian ini dapat menciderai iklim demokrasi yang sehat menjelang pilkada dan pemilu, serta mengancam persatuan bangsa.

Ujaran kebencian, katanya, merupakan benih dari aksi intoleran yang dapat memicu konflik horizontal, menyuburkan radikalisme, bahkan aksi-aksi terorisme.

Charles menjelaskan, penyebaran hoaks dan ujaran kebencian adalah tindakan pidana, jika mengacu pada Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Saya berharap Polri terus melanjutkan pengungkapan dan penangkapan jaringan-jaringan lain yang menyebarkan ujaran kebencian dan hoaks di media sosial,” kata dia.

Kelompok Saracen ini eksis sejak November 2015. Mereka menggunakan beberapa sarana untuk menyebarkan ujaran kebencian berkonten SARA, antara lain di Grup Facebook, Saracen News, Saracen Cyber Team, situs Saracennews.com, hingga media lainnya.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top