Connect with us

Kebhinekaan Turut Andil dalam Memajukan Indonesia

KABAR

Kebhinekaan Turut Andil dalam Memajukan Indonesia

SYIARNUSANTARA.ID – Prinsip kebhinekaan diyakini banyak pihak turut andil dalam memajukan Indonesia. Fanatisme keagamaan dan gerakan transnasional justru dinilai menjadi ancaman pilar kebangsaan.

Pernyataan tersebut ditegaskan Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Menurutnya, Indonesia sudah plural sejak sebelum merdeka.

“Sejak belum merdeka, Indonesia sudah menjadi kawasan yang sangat plural, yang memang ber-Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Muhaimin yang akrab disapa Cak Imin.

Ia menambahkan, tantangan mempertahankan kebhinekaan tidak berhenti sejak masa Orde Baru. Sebab Indonesia merupakan negara yang lahir dan besar dalam prinsip kebhinekaan, yang tandai beragamnya suku, agama, ras, bahasa, pulau, hingga warna kulit.

Karena itu, ujarnya, Pancasila dan NKRI merupakan pilihan terbaik untuk negara, bukannya malah dipertentangkan.

“Akhir-akhir ini ketidakpercayaan terhadap NKRI muncul. Maka tidak ada pilihan bagi kita untuk terus melakukan sosialisasi sekaligus pendidikan karakter agar keberhasilan kebangsaan kita bisa terjaga pada semua level,” ujar Cak Imin.

Menurutnya, daya tahan ideologis NKRI kita sedang diuji. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh elemen bangsa untuk membangun solidaritas melalui level sosialisasi, pengajaran pendidikan, dan negara bangsa ini harus dijaga melalui sistem pemerintahan yang solid.

“Tidak boleh ada sistem yang anti NKRI,” tegasnya.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top