Connect with us

Daki Mont Blanc, Pramuka Kenalkan Pancasila ke Eropa

KABAR

Daki Mont Blanc, Pramuka Kenalkan Pancasila ke Eropa

SYIARNUSANTARA.ID – Bermaksud ingin memperkenalkan Pancasila dan Dasa Dharma pramuka ke Eropa Barat, Tim Kwarnas Gerakan Pramuka berencana melakukan pendakian ke gunung tertinggi di Eropa Barat, Mont Blanc.

Ketua Tim Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menjelaskan, pendakian ke gunung dengan ketinggian 4.810 meter dari permukaan laut (mdpl) ini bertujuan untuk mengenalkan Pancasila dan Dasa Dharma Pramuka ke dunia.

“Untuk kenalkan Pramuka. Kami ingin mensosialisasikan tentang Pancasila juga. Pancasila itu belum ada terjemahan resmi dari Bahasa Inggris,” ujarnya.

Menurut Adhyaksa dalam pendakian ini dia akan membawa poster berlambang garuda dan tulisan Pancasila dengan menggunakan bahasa Indonesia.

“Kita membawa identitas negara kita, membawa ke sana, promosikan di sana, karena di sana banyak sekali kelompok pecinta alam yang melakukan pendakian dari tanggal 3 sampai tanggal 15 Agustus. Karena tanggal 17 sudah ditutup, sudah masuk winter,” kata dia.

Mantan Menpora tersebut menjelaskan, pemilihan Mont Blanc sebagai lokasi penjelajahan karena pegunungan tersebut merupakan destinasi wisata.

“Setiap tahun, pendaki hampir 100 orang meninggal di Mont Blanc. Tapi di sana juga banyak turis, kita juga di sana mau mempromosikan tentang Indonesia, promosikan juga tentang gunung-gunung di Indonesia, juga belajar tentang manajemen yang baik untuk mengelola wisata-wisata alam seperti gunung,” ujarnya.

Dalam pendakian ini, sebanyak 20 orang tim dari Kwarnas Gerakan Pramuka akan terlibat, terdiri dari 12 orang peserta dan delapan tim media dan pendukung.

“Kami juga menyertakan porter asli sana. Kami juga ada tim media. Mohon doa restu agar tak terjadi apa-apa,” kata Adhyaksa.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top