Connect with us

GP Ansor: Pancasila Sesuai dengan Prinsip Islam

KABAR

GP Ansor: Pancasila Sesuai dengan Prinsip Islam

SYIARNUSANTARA.ID – Keberadaan Pancasila sebagai ideologi negara diyakini banyak kalangan sesuai dengan prinsip Islam. Bahkan, Pancasila diakui berbagai pihak sebagai ideologi pemersatu bangsa.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Yaqut Cholil Qoumas. Ia pun mengajak kadernya untuk terus menjaga Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa.

“Di luar sana, ada kelompok-kelompok yang menyatakan bahwa Pancasila adalah produk kafir, Pancasila adalah toghut, Pancasila tidak sesuai dengan syariat Islam. Mereka belajar dari mana mengatakan Pancasila tidak sesuai syariat Islam?” ujar Yaqut beberapa waktu lalu.

Yaqut menganggap, justru salah besar bila ada kelompok yang menyatakan Pancasila tidak Islami. Sebab, ujarnya, sila pertama saja berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

“Itu artinya, lima sila Pancasila itu disinari oleh tauhid yang kita yakini bersama. Ada ketauhidan di dalam Pancasila,” katanya.

Begitu juga, ujarnya, dengan sila kelima yang berbunyi “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Menurut Yaqut, hal inilah yang selama ini diperjuangkan umat Islam.

“Ada satu kaidah, tashorruful imam ala rokyatil manutun bil maslahah. Artinya, pemimpin itu diukur dari bagaimana mereka mampu memberikan keadilan sosial bagi mereka yang dipimpin,” ujarnya

Kendati sesuai dengan prinsip Islam, Yaqut menegaskan, bukan berarti nilai-nilai Pancasila hanya untuk umat Islam saja. Sebab, ujarnya, keadilan sosial bagi seluruh rakyat yang dimaksud dalam sila kelima adalah seluruh bangsa Indonesia dengan berbagai keragaman latar belakangnya.

“Meskipun umat Islam berjumlah lebih banyak dari yang lain, perlu diingat Indonesia ini tegak berdiri, merdeka bukan hanya perjuangan umat Islam, tapi juga umat-umat agama lain,” ujarnya.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top