Connect with us

Pancasila Satukan Indonesia yang Beragam

KABAR

Pancasila Satukan Indonesia yang Beragam

SYIARNUSANTARA.ID – Pancasila diyakini banyak pihak sebagai sebuah kesepakatan luar biasa dari para pendiri bangsa, sekaligus menjadi pemersatu bangsa Indonesia yang begitu beragam dari sisi budaya, bahasa, suku, ras atau etnis, serta agama.

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin, beberapa waktu lalu. Menurutnya, hal itu tak lepas dari keberhasilan Presiden pertama Republik Indonesia Sukarno.

Pria yang kerap disapa Bung Karno tersebut ujarnyam telah merancang Pancasila sebagai dasar negara.

“Sukarno merancang Pancasila dengan memandang Indonesia yang beragam. Keberagaman tersebut tercipta dalam sisi budaya dan agama,” kata Amin.

Amin menjelaskan, Sukarno dan para pendiri bangsa yang lainnya telah berhasil menyatukan Tanah Air dalam satu nama Indonesia yang berazaskan Pancasila.

Rancangan Pancasila ini, ujarnya, yang kemudian menjadi sebuah kesepakatan yang luar biasa para pendiri bangsa, untuk dijadikan sebagai ideologi, pandangan dan jalan hidup bernegara.

Kesepakatan menjadikan Pancasila sebagai ideologi bangsa ini, kata Amin, merupakan ilham yang luar biasa.

“Sebab, Pancasila merepresentasi dan mengakomodasi hakikat dan denyut nadi seluruh komponen bangsa ini,” ujarnya,

Dengan ditetapkan sebagai dasar negara, kata Amin, maka tidak perlu ada lagi pertentangan atas Pancasila.

Dengan demikian, ia melanjutkan, seluruh rakyat Indonesia wajib mengikuti kesepakatan tersebut. Seluruh warga bangsa memiliki hak dan kewajiban yang sama tanpa diskriminasi.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top