Connect with us

Bantu Rohingya, Umat Buddha Padang Kumpulkan Donasi

KABAR

Bantu Rohingya, Umat Buddha Padang Kumpulkan Donasi

SYIARNUSANTARA.ID – Terdorong untuk turut serta meringankan penderitaan Etnis Rohingya di Myanmar, sekitar 60 orang umat Budha di Kota Padang, Sumatera Barat, mengumpulkan donasi (10/9/2017). Mereka tersebar di Padang mengumpulkan donasi dari masyarakat umum.

Menurut Ketua Pengurus Harian Vihara Buddha Warman Padang, Upasaka Pandhita Sudharma, mereka melakukan aksi ini murni urusan kemanusiaan dan bukan semata soal agama.

Ia menambahkan, umat Budha di Padang ingin menegaskan bahwa tragedi yang terjadi Myanmar adalah murni urusan kemanusiaan. Karena itu, ujarnya, umat Budha terdorong untuk menolong para pengungsi Rohingya.

“Menolong pengungsi Rohingya tak cukup dengan sekadar kecaman kepada pemerintahan dan militer Myanmar. Ini aksi nyata kepedulian kita terhadap Etnis Rohingya,” ujar Sudharma.

Sudharma melanjutnkan, aksi nyata ini dilakukan untuk meringankan beban Etnis Rohingya, baik yang masih bertahan di Myanmar maupun yang mengungsi di Bangladesh atau daerah lain.

“Kalau Pernyataan kan sudah ya, mengutuk, mengecam dan sebagainya. Tinggal sekarang apa yang bisa kita perbuat untuk meringankan. Mereka mengungsi ke perbatasan Bangladesh, mereka kekurangan makan,” ujar Sudharma.

Menurut Sudharma, Bangladesh yang selama ini menampung pengungsi terbanyak tak akan mampu menangani sendiri seluruh pengungsi yang ada. Karena itu, menurutnya, negara-negara Asia Tenggara harus bersatu untuk berperan aktif dalam menolong Etnis Rohingya.

“Makanya kita galang dana. Kita salurkan nanti melalui pihak-pihak yang berwenang untuk menolong penderitaan Etnis Rohingya,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top