Connect with us

Demiz: Jangan Sampai Pemuda Terjerumus Paham Radikalisme

KABAR

Demiz: Jangan Sampai Pemuda Terjerumus Paham Radikalisme

SYIARNUSANTARA.ID – Generasi muda diimbau untuk tidak terjerumus pada bahaya paham radikalisme yang berkembang saat ini.

Himbauan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Himpunan Mahasiswi Persatuan Islam (Himi Persis) di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

“Saya ingin menekankan pentingnya kewaspadaan para pemuda dan pemudi terhadap ancaman paham radikalisme yang saat ini telah menjadi ancaman yang kian luas dan mengglobal, tidak terkecuali di Indonesia,” kata Deddy Mizwar.

Demiz, panggilan akrabnya, mengatakan bahwa dibutuhkan pendekatan yang holistik  dalam hal pemberantasan terorisme dengan melibatkan seluruh komponen bangsa, terutama mahasiswa.

Menurut Deddy Mizwar, generasi muda harus diberikan pemahaman dan diingatkan agar tak terjerumus dan menyimpang pada tindakan kekerasan.

Demiz menjelaskan, ada dua pendekatan utama yang dapat dilakukan yaitu penindakan dan pencegahan. Dari sisi penindakan, ujarnya, berkaitan dengan penegakan hukum yang ada di sisi hilir atau setelah aksi teror berlangsung.

Sedangkan pencegahan, kata Demiz, merupakan pendekatan persuasif di sisi hulu yang bertujuan untuk mencegah munculnya bibit-bibit terorisme sebelum aksi teror terjadi.

“Pendekatan ini seyogianya dijalankan oleh seluruh elemen bangsa, termasuk di dalamnya para mahasiswa,” katanya.

Ia menilai, mahasiswa dan pemerintah perlu membangun bersinergi guna memperkuat strategi pembinaan atau deradikalisasi dengan pendekatan multi dan interdisipliner. Pada akhirnya, kata dia, sinergi ini ditujukan untuk mentransformasikan ideologi radikal menjadi tidak radikal.

Demiz menambahkan, selain melalui program deradikalisasi, penanggulangan terorisme harus lebih berorientasi pada akar persoalan. Antara lain membentengi pola pikir masyarakat terutama kaum muda  dari pemahaman yang menyimpang.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top