Connect with us

Parlemen Australia Kagumi Toleransi di Malang

KABAR

Parlemen Australia Kagumi Toleransi di Malang

SYIARNUSANTARA.ID – Rombongan Parlemen Australia menyatakan kekagumannya saat mengunjungi Masjid Agung Jami’ Kota Malang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Masjid ini dikenal selama ini aktif menjaga kerukunan beragama.

Ada empat orang delegasi Parlemen Australia yang datang mengunjungi masjid tersebut. Mereka disambut oleh pengurus takmir masjid dan berkesempatan berkeliling melihat seisi masjid.

Berada di sisi barat Alun-alun Merdeka, Kota Malang, masjid itu bersebelahan dengan Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Immanuel Kota Malang, di sebelah utaranya. Tampaklah dua tempat beribadah dua agama itu berdiri berdampingan.

Yang membanggakan, hampir tidak terdengar adanya perselisihan paham antara keduanya. Bahkan saat salah satu di antara tempat ibadah itu melaksanakan hari besar, salah satu di antaranya memberikan penghormatan.

“Kami sudah mendengar adanya toleransi beragama di sini. Maka saya ke sini,” kata salah satu delegasi Parlemen Australia dari Partai Buruh, Catherine Elizabeth.

Menurutnya, di daerah tempatnya tinggal di Australia juga terdapat masjid yang lebih kecil ukurannya di banding dengan Masjid Agung Jami’. Umat Islam yang beribadah di masjid itu, ujarnya, tidak merasa terganggu.

“Di Australia ada masjid. Tapi ukurannya seperenam belas dari ini. Sangat kecil. Tapi untuk beribadah disitu selalu dihargai dan dihormati. Tidak ada gangguan, tidak ada pandangan negatif,” jelasnya.

Bahkan, di tempat umum, ada fasilitas yang digunakan bersama oleh umat Kristen dan umat Islam untuk beribadah.

“Di beberapa kota ada bangunan fasilitas umum yang digunakan bersama. Baik umat Kristiani dan umat Muslim untuk berdoa,” katanya.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top