Connect with us

Semangat Islam Nusantara untuk Ukhuwah Kebangsaan

KABAR

Semangat Islam Nusantara untuk Ukhuwah Kebangsaan

SYIARNUSANTARA.ID – Prinsip tasamuh atau toleransi diyakini banyak pihak merupakan inti dari pandangan Islam Nusantara. Dari situlah ukhuwah kebangsaan penting dijaga.

Hal itu ditegaskan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH. Said Aqil Siroj. Menurutnya, penting menjaga ukhuwah kebangsaan di tengah kondisi masyarakat seperti ini.

“Islam Nusantara itu prinsipnya tasamuh, toleran. Bisa tasamuh, kalau akhlaknya mulia. Islam Nusantara menjunjung tinggi nilai etis dan agama,” kata Said beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Islam Nusantara menjadi jembatan perdamaian antar agama. Islam, ujarnya, juga mengajarkan pentingnya memajukan peradaban, dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Nabi Muhammad tidak mendeklarasikan negara Madinah, dan negara Arab. Yakni, negara yang civilized, peradabannya maju,” kata Said.

Islam Nusantara, menurut Said, membuat agama dan budaya terkoneksi secara harmonis. “Islam Nusantara itu menghormati budaya. Selama tidak bertentangan dengan Islam, justru akan menambah estetika. Budaya sebagai infrastruktur agama,” kata dia.

Pendiri Nahdlatul Ulama, Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari, ujarnya, memiliki prinsip utama dalam berbangsa. “Hubbul wathan minal iman, cinta tanah air itu bagian dari iman. Mana dulu, tanah air dulu atau agama dulu. Kiai Hasyim menjawab, kita perkokoh tanah air dulu, baru membangun agama,” kata Said.

Karena itu, ia berharap agar masyarakat luas dapat hidup damai, tenang, dan harmonis.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top