Connect with us

Munas Alim Ulama Dorong Persatuan Umat

Islam moderat di Indonesia yang hidup saling berdampingan ini adalah aset dalam perencanaan luar negeri.

KABAR

Munas Alim Ulama Dorong Persatuan Umat

SYIARNUSANTARA.ID – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berencana akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) pada November 2017.

Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia (Ikadi), KH Ahmad Satori Ismail, Munas tersebut akan membicarakan berbagai persoalan, termasuk persoalan perpecahan umat, ekonomi umat, dan kemaksiatan yang harus diperhatikan para ulama.

Satori mengingatkan, tantangan umat Islam yang paling berat saat ini adalah persatuan (ukhuwah). Sebab, menurutnya, umat Islam tengah menghadapi masalah perpecahan antar umat. Termasuk perpecahan antar suku dan lain sebagainya di Indonesia.

“Ini harus serius ditanggulangi. Adanya kerusakan di atas muka bumi disebabkan karena umat Islam tidak memiliki posisi yang kuat. Kalau umat Islam memiliki posisi yang kuat, yang lainnya tidak akan banyak berkutik karena keadilan sudah sangat jelas,” kata Satori.

Selain membahas mengenai persoalan perpecahan, kata Satori, ekonomi umat juga perlu dibangkitkan jadi perlu juga dibahas.

Ia menambahkan, hal ini mutlak dilakukan. Jika umat Islam ingin bangkit, ujarnya, perekonomian umat juga harus kuat.

“Umat Islam di Indonesia menjadi mayoritas. Kalau jaringan dan ekonomi umat kuat, tentu akan bisa mengayomi yang lain,” katanya.

Ia mengungkapkan, umat Islam saat ini juga sudah terlalu cinta kepada dunia secara tidak wajar.

“Jadi, perpecahan umat, ekonomi umat, kemaksiatan dan cinta dunia adalah tantangan serta masalah yang cukup berat dihadapi umat Islam saat ini,” kata Satori.

Menurutnya, persoalan kemaksiatan juga sebaiknya menjadi perhatian para alim ulama dan umat Islam.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top