Connect with us

MUI: Aksi 299 Tak Perlu Lagi!

KABAR

MUI: Aksi 299 Tak Perlu Lagi!

SYIARNUSANTARA.ID – Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta sejumlah elemen masyarakat untuk tidak menggelar aksi “299” yang mengusung tema menolak PKI dan Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Permintaan tersebut disampaikan langsung Ketua Umum MUI, KH Ma’ruf Amin. Menurutnya, aksi demonstrasi tersebut tak perlu lagi dilakukan.

Rais Aam PBNU ini mengimbau masyarakat untuk mempercayakan kepada mekanisme yang telah berjalan terkait dengan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas itu.

Rencananya, aksi yang akan digelar di depan Gedung DPR/MPR RI ini bertujuan untuk menolak kebangkitan kembali Partai Komunis Indonesia.

“Menurut saya, sudah tidak perlu lagi ada demo-demo itu. Sebab, kita berjalan saja sesuai dengan mekanismenya,” ujar Ma’ruf.

Terkait tuntutan penolakan terhadap keberadaan PKI, ia menuturkan pengikut paham komunis itu sudah tidak muncul di Indonesia.

Ma’ruf berpandangan, aksi 299 tak perlu dilakukan. Sebab, PKI sudah tak ada lagi di Indonesia. “Sebenarnya (demo) itu tidak perlu lagi,” katanya.

Hal itu sudah menjadi keputusan dalam Ketetapan MPRS Nomor 25 Tahun 1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia. TAP tersebut menegaskan, seluruh komponen negara melarang kemunculan PKI di Indonesia.

“Seharusnya soal PKI itu sudah selesai. Orang PKI sudah tidak ada, sudah mati semua. Sudah puluhan tahun. Saya waktu itu masih muda, dan saya ikut zaman-zaman Nasakom. Dan kita anggap masalah PKI itu sudah selesai. Sudah menjadi keputusan MPRS,” kata Ma’ruf.

Jika ditemukan orang yang terlibat PKI, Ma’ruf meminta masyarakat melaporkan hal itu kepada aparat kepolisian untuk diproses lebih lanjut.

“Presiden juga sudah mengatakan ‘gebuk saja PKI kalau ada’ artinya tinggal melaporkan saja tidak perlu dengan demo yang bisa menimbulkan kegaduhan,” lanjut Maruf.

Masyarakat dan pemerintah, ujarnya, harus bekerja sama mengantisipasi agar paham itu tidak hidup kembali.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top