Connect with us

Peringatan Hari Santri 2017 Promosikan Islam Moderat

KABAR

Peringatan Hari Santri 2017 Promosikan Islam Moderat

SYIARNUSANTARA.ID – Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2017 yang jatuh pada 22 Oktober akan digelar untuk ketiga kalinya dengan mengusung tema “Wajah Pesantren Wajah Indonesia”.

Untuk itu, semua aktivitas kegiatan hari santri diharapkan dapat menunjukkan sekaligus mempromosikan moderasi Islam (religious mederation) kepada dunia.

“Saya kira dengan aktivitas hari santri, ini menunjukkan kepada Indoensia dan dunia internasional bahwa pesantren yang mempromosikan moderasi islam,” kata Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin.

Pesantren, ujar  guru besar UIN Alauddin Makassar ini, juga mengajarkan nasionalisme, hubbul wathon minal iman. Pesantren juga mengajarkan bagaimana menjadi Muslim yang baik, di samping ajaran-ajaran Islam yang toleran.

“Ajang hari santri ini menjadi ajang strategsis, bahwa pesantren mengajarkan Islam rahmatan lil alamin. Inilah pesantren yang mengajarkan itu semua,” ujarnya.

Selanjutnya, ujar Kamaruddin, Kementerian Agama melalui Ditjen Pendis akan membuat strandar minimal pendirian pondok pesantren, membuat standar minimal kurikulum yang diajarkan.

“Kita sedang merancang standarisasi kurikulum, tenaga pengajar pondok pesantren,” ucap Kamaruddin.

Ditjen Pendis, kata dia, kini tengah melakukan finalisasi aturan pendirian pondok pesantren yang selama ini izin pendirian hanya dikeluarkan Kankemenag Kabupaten/kota.

“Ke depan izin harus dikeluarkan Dirjen dan Menteri Agama. Ini semua dilakukan untuk menjaga kualitas Pondok Pesantren (Pontren) dan mengantisipasi munculnya ajaran-ajaran gerakan radikal yan ada,” katanya.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top