Connect with us

Peringati Hari Perdamaian Internasional, Presiden Jokowi Ingatkan Indonesia Negara Besar

KABAR

Peringati Hari Perdamaian Internasional, Presiden Jokowi Ingatkan Indonesia Negara Besar

SYIARNUSANTARA.ID – Presiden Joko Widodo menghadiri Peringatan Hari Perdamaian Internasional, di Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk, Sumenep, Madura (8/10/2017). Kunjungan kerja tersebut disambut para tokoh dan ulama setempat.

Presiden Jokowi mengatakan kaum perempuan merupakan kunci perdamaian mulai dari lingkup kecil hingga besar.

“Perempuan dan ibu-ibu berperan penting, mereka bisa jadi kunci perdamaian baik scope kecil di keluarga, kemudian di wilayah kabupaten, dan lebih besar provinsi, negara dan global,” katanya.

Ia menambahkan perdamaian tidak bisa dipaksakan tapi harus ditumbuhkembangkan dan para perempuan bisa berperan di dalamnya.

Selain mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus menjaga perdamaian, Presiden Jokowi kembali mengingatkan besarnya Indonesia sebagai sebuah bangsa dan negara.

“Saya ingatkan kembali karena negara kita negara besar,” kata Jokowi. Kalau Singapura hanya punya empat suku, ujarnya, Indonesia memiliki 714 suku.

Indonesia punya 714 suku dan keragaman lainnya. Karena itu, ujarnya, Presiden Afghanistan mengingatkan supaya kita berhati-hati dengan apa yang terjadi di negara itu.

Menurut Jokowi, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengingatkan agar Indonesia tidak berubah menjadi seperti negaranya, yang sudah memiliki 40 suku dan 25 tahun hidup dalam pertikaian dan perang.

“Suku yang bermacam-macam adalah anugerah Allah. Oleh karena itu kita jaga persaudaraan, ukhuwah Islamiahukhuwah watoniah dalam scope yang lebih besar,” katanya.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top