Connect with us

Mendagri: Wawasan Kebangsaan Harus Digalakkan Lagi

KABAR

Mendagri: Wawasan Kebangsaan Harus Digalakkan Lagi

SYIARNUSANTARA.ID – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan, wawasan kebangsaan harus digalakkan lagi, khususnya di kalangan generasi muda. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa cinta pada bangsa dan negara.

Tjahjo menjelaskan, salah satu upaya untuk menumbuhkan rasa cinta akan bangsa dan negara, pemerintah daerah diminta memasang bendara merah putih di setiap kantor pemerintahan. Bendera merah putih itu bukanlah bendera dengan ukuran yang kecil, tapi bendera dengan ukuran yang besar.

“Pemda kalau mengibarkan bendera di kantor Pemda yang besar, bukan kecil yang merahnya sudah buram. Buat spanduk aku cinta Indonesia, Pancasila, NKRI. Ini menumbuhkan semangat cinta kepada bangsa,” kata Tjahjo.

Di negara Turki di sudut-sudut kota, sudut negara, katanya, bendara Turki-nya luar biasa besar-besar. “Itu semata-mata agar warganya tahu ini negara saya,” tutup Tjahjo.

Karena itu, ujarnya, wawasan kebangsaan harus digerakkan kembali.

Apalagi, ujarnya, hingga saat ini ada kepala sekolah SMA di Jawa Tengah yang melarang muridnya hormat kepada bendera Merah Putih.

Bahkan, kata Tjahjo, kepala sekolah tersebut juga melarang muridnya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada upacara bendera tiap awal pekan.

“SMA itu tetangga kantor Kodim dan Polres. Baru sadar, setiap Senin kepala sekolah melarang muridnya hormat ke bendara Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia raya,” kata Tjahjo.

Hal-hal seperti itu, ujarnya, harus menjadi perhatian bersama, agar dilakukan anstipasi dan pencegahan sejak dini. “Ini yang harus diantisipasi dengan baik dan dicegah sejak dini.,” kata Tjahjo.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top