Connect with us

Ulama Saudi Bolehkan Muslim Salat di Gereja

KABAR

Ulama Saudi Bolehkan Muslim Salat di Gereja

SYIARNUSANTARA.ID – Umat Islam dibolehkan salat di mesjid mana saja baik Sunni maupun Syiah, gereja bahkan sinagog.

Demikian sebuah fatwa itu disampaikan ulama senior Arab Saudi Abdullah bin Sulaiman Al-Manea, yang juga anggota Dewan Cendekiawan Senior Arab Saudi.

Dirilis surat kabar Kuwait, Al Anba’, Al-Manea juga mengatakan bahwa Islam adalah agama toleransi dan belas kasih, bukan kekerasan, intoleransi atau terorisme.

Menurutnya umat Islam harus menyebarkan Islam yang benar dan mengikuti tradisi Nabi Muhammad SAW untuk memperlakukan orang-orang yang berbeda agama secara toleran.

Ia menambahkan, semua tanah di bumi adalah milik Tuhan. “Bumi telah dijadikan tempat bersujud dan pemurniah bagi saya,” kata Al-Manea mengutip sebuah sabda Nabi Muhammad.

Islam, ujarnya, merupakan agama yang hidup berdampingan, bukan dengan kekerasan.

Dalam berinteraksi dengan umat non-muslim, ia juga mengutip hadits yang mengisahkan saat Nabi Muhammad menerima delegasi orang-orang Kristen dari Najran di mesjid-mesjidnya. Saat itu, Nabi mengizinkan tamu-tamunya bersembahyang menghadap Yerusalem.

Islam, ujarnya, menyebar di banyak negara seperti Indonesia dan Malaysia, karena perilaku yang baik dari para pedagang muslim. Dengan begitu, kata dia, menarik perhatian penduduk setempat untuk memeluk agama Islam.

Ia juga mengatakan bahwa umat Islam dapat masuk ke gereja untuk belajar. Begitu jga dengan orang-orang Kristen, yang seharusnya diizinkan memasuki mesjid, kecuali Masjidil Haram di Mekkah, dan berdoa di dalamnya.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top