Connect with us

Said Aqil: Islam Nusantara Pintu Inisiasi Perdamaian

KABAR

Said Aqil: Islam Nusantara Pintu Inisiasi Perdamaian

SYIARNUSANTARA.ID – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menegaskan, nilai-nilai yang diusung Islam Nusantara bisa menjadi pintu masuk adanya perdamaian.

Ia mengatakan, nilai-nilai inilah yang terus dikembangkan sekaligus dipraktikkan para kiai dan komunitas pesantren, yang tergabung dalam Nahdlatul Ulama (NU).

“NU mengembangkan konsep persaudaraan antarwarga bangsa, antarumat Islam, dan antarmanusia. Dengan itu, tidak sedikit pun NU menyediakan celah bagi ekstremisme dan radikalisme,” ujar Said.

Said Aqil menegaskan konsep perdamaian harusnya bisa menjembatani antara agama dan nasionalisme.

“Dengan konsep persaudaraan itu, di Indonesia, agama dan nasionalisme tidak bertentangan, justru bergandengan tangan. Kehidupan di Indonesia direfleksikan sebagai Bhinneka Tunggal Ika,” kata dia.

Said menjelaskan pendiri Indonesia merumuskan Pancasila sebagai falsafah dan dasar negara. Falsafah inilah yang memungkinkan kebersamaan bagi 1.340 suku, 740 bahasa daerah, enam agama, dan banyak aliran kepercayaan.

“Ini selaras dengan prinsip Nabi Muhammad ketika membangun Madinah. Madinah dibangun dengan prinsip kewargaan, bukan atas sentimen agama dan etnis,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top