Connect with us

PDI Perjuangan: Pancasila Mampu Meredam Gejolak Bangsa

Uncategorized

PDI Perjuangan: Pancasila Mampu Meredam Gejolak Bangsa

SYIARNUSANTARA.ID – Wakil Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan MPR RI H Abidin Fikri menegaskan, kehadiran nilai-nilai Pancasila sangat diharapkan mampu menjadi penetralisir keadaan, utamanya menghadapi era yang penuh tantangan seperti saat ini.

Sebab, menurutnya, generasi muda tidak akan mudah menyongsong masa depannya mengingat banyaknya tantangan yang mesti dihadapi generasi penerus bangsa tersebut.

Menurutnya,  salah satu tantangan adalah menanggulangi ancaman fundamentalisme pasar dan fundamentalisme agama yang kian gencar menggerus nilai-nilai Pancasila dan kebhinekaan. Dalam kondisi seperti itu

“Sebagai generasi harus bersatu menghadapi tantangan itu dengan memahami konsensus dasar berdirinya Republik Indonesia yaitu Pancasila, UUD NRI 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI,” ujarnya.

Menurut Abidin, mengimplementsikan nilai nilai Pancasila tersebut dalam kehidupan berbangsa bernegara menjadi jawaban sekaligus pencegahan ketika ada gerakan sudah dirasa mengancam NKRI.

“Keberagaman bangsa Indonesia mulai ras, agama, suku dan antar golongan merupakan potensi yang besar dalam tegak lestarinya NKRI,” kata Abidin.

Menurutnya, tonggak penting yang mesti dipahami generasi muda sekarang adalah sejarah panjang persatuan dan kesatuan bangsa sebagai kristalisasi Sumpah Pemuda pada tahun 1928.

Ia menjelaskan, momentum sumpah pemuda merupakan cikal bakal kristalisasi NKRI yang diisi dengan semangat rasa senasib dan sepenanggungan, ditambah ide persatuan sebagai bangsa yang bertanah air satu, berbangsa satu dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Setelah era reformasi, ujar dia, memang terkesan sudah nyaman kondisi negara Indoensia. Kendati begitu, kata Abidin, sebenarnya banyak persoalan serius yang mengancam NKRI, tanpa disadari kenyamanan itu membuat bangsa ini terlena.

Karena itu, ia mengatakan, negara Indonesia harus dijaga agar tetap utuh. Salah satunya dengan mengimplementasikan nilai nilai Pancasila itu sendiri.

“Dalam kondisi normal Pancasila seperti dibutuhkan bangsa Indoensia, namun ketika negara dalam keadaan genting dengan berbagai ancaman , Pancasila harus hadir untuk meredam gejolak itu,” kata dia.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Uncategorized

To Top