Connect with us

Ada Usulan Boikot Produk AS, JK: Jangan Emosional!

KABAR

Ada Usulan Boikot Produk AS, JK: Jangan Emosional!

SYIARNUSANTARA.ID – Beberapa kalangan langsung bereaksi keras dan menyerukan untuk memboikot terhadap produk Amerika Serikat (AS) menyusul pengakuan Presiden AS Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta masyarakat untuk tidak langsung bertindak emosional. JK pun meminta masyarakat lebih mengusulkan solusi melalui dialog.

“Produk Amerika di Indonesia itu tinggal produk high tech. Saya kira di sini, apa yang kita butuhkan, apa yang kita saling butuhkan. Jangan emosional,” kata JK di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta (19/12/2017).

Ia menjelaskan, sejumlah produk teknologi telah diproduksi dan dihasilkan AS. Produk-produk tersebut, ujarnya, sudah sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Sebut saja produk yang digandrungi masyarakat seperti iPhone, Google, Facebook, hingga aplikasi teknologi lainnya.

“Sebenarnya yang paling gampang, berani nggak untuk memboikot iPhone, jangan pakai Google, bisa nggak hidup tanpa itu. Whatsapp. Nggak bisa hidup tanpa itu sekarang. Keluar rumah sekarang langsung mengantongi itu (iPhone),” kata JK.

Karena itu, ia berpendapat, ada dua solusi yang bisa dijadikan jalan keluar, yaitu melalui perang atau dialog. Menurutnya, solusi melalui dialog merupakan pilihan yang terbaik saat ini untuk Palestina.

“Indonesia ini, hanya dua yang bisa dilakukan, dialog atau perang. Sudah tiga kali perang kan makin kecil daerah Palestina itu, jadi harus dialog, damai. Walaupun semua nggak suka, tapi kan harus yang adil,” kata JK.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top