Connect with us

Pendakwah Diimbau Gunakan Materi yang Membangun

Uncategorized

Pendakwah Diimbau Gunakan Materi yang Membangun

SYIARNUSANTARA.ID – Para pendakwah di Tanah Air diimbau untuk tidak membuat perpecahan baik di kalangan masyarakat umum atau di kalangan Islam itu sendiri. Karena itu, berdakwah tentu harus menggunakan materi-materi yang sifatnya membangun, tapi dengan arugument yang benar,  jelas, dan tidak menimbulkan fitnah.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua PBNU Marsudi Syuhud. Menurutnya, materi dakwah hendaknya tidak membuat perpecahan di antara Islam itu sendiri.

“Materi dakwah itu, yang penting jangan sampai membuat perpecahan di antara Islam itu sendiri. Sekarang kan lagi banyak itu medsos-medsos yang menurut saya hasilnya menimbulkan perpecahan dan permusuhan. Itu yang harus dihindari,” kata Marsudi.

Sebetulnya, kata dia, semua materi dalam berdakwah itu boleh disampaikan. Namun, ia menambahkan, bila mengakibatkan keburukan, maka hal yang boleh itu tentu tidak perlu disampaikan.

Marsudi menjelaskan, seorang pendakwah harus memahami betul apa yang harus disampaikan ke masyarakat melalui dakwahnya, dan mana yang tidak perlu disampaikan. Karena itu, ucap dia, ada konsep boleh dan baik, dan ada juga sesuatu yang boleh, tapi tidak harus dilaksanakan.

Materi dakwah yang hendak disampaikan pun, kata dia, harus berasal dari sumber yang jelas dan bukan fitnah.

“Sesuatu yang disampaikan ada dasarnya, ada argumentasinya, jelas dan bukan fitnah. “Jadi yang penting ada dasarnya dan tidak mengira-ngira,” ujar Marsudi.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Uncategorized

To Top