Connect with us

TNI/Polri Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai di Jatim

KABAR

TNI/Polri Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai di Jatim

SYIARNUSANTARA.ID – Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman menegaskan, jajaran TNI dan Polri siap bersinergi untuk mendukung terwujudnya Pilkada aman dan damai di Jawa Timur. Sinergi itu salah satunya, melakukan MoU antara Panglima TNI dan Kapolri tentang perbantuan dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban.

MoU ini kemudian ditindaklanjuti dengan surat dari Kapolda Jawa Timur kepada Pangdam V Brawijaya tentang permintaan 2/3 kekuatan BKO TNI dari kekuatan personel Polda Jawa Timur dalam operasi Mantap Praja Semeru 2018.

Pangdam juga menyampaikan, beberapa langkah yang dilakukan pihaknya di antaranya, mempertebal kekuatan polsek saat pemilihan berlangsung pada 27 Juni mendatang. Kemudian patroli skala besar pada setiap tahapan Pemilu, serta melibatkan tiga pilar dalam melaksanakan pembinaan terhadap masyarakat.

“TNI/Polri di Jatim kompak, solid, guyub dan rukun. Tidak pernah ada perselisihan, ini semua juga berkat Pakde Karwo yang selama hampir dua periode merangkul semua unsur hingga tingkat babinsa dan babinkamtibmas,” tegas Mayjen Arif.

Pun begitu dengan Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Machfud Arifin. Jenderal polisi bintang dua ini juga menyampaikan komitmennya bersama TNI untuk mengamankan Pilkada serentak 2018. Bahkan, pihaknya juga telah melakukan pemetaan kerawanan termasuk memetakan karakter masyarakat.

Menurut Machfud, indeks kerawanan Pemilu di Jawa Timur masih tergolong sedang dan relatif aman. “Kami pastikan bahwa seluruh anggota polri hingga di tingkat polsek sudah siap dalam mengamankan Pilkada di Jatim, termasuk mengevaluasi dari pelaksanaan Pilkada sebelumnya,” tegasnya.

“Pengamanan ini akan dilakukan sampai tahap akhir Pilkada. Pengamanan kita juga berbasis IT. Jadi bisa memantau semua kondisi dari command center Polda Jatim,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top