Connect with us

Masuki Tahun Politik, Takmir Masjid se-Jakarta Tolak Politisasi Masjid

KABAR

Masuki Tahun Politik, Takmir Masjid se-Jakarta Tolak Politisasi Masjid

SYIARNUSANTARA.ID – Memasuki tahun politik 2018-2019, Forum Silaturahmi Takmir Masjid (FSTM) seluruh Jakarta menyatakan sikap untuk menolak segala bentuk politisasi masjid.

Penasihat FSTM se-Jakarta, KH Soleh Sofyan mengatakan, agenda politik kerap disisipkan pada acara keagamaan di masjid. Dia menilai, saat ini sejumlah masjid di Jakarta kerap dijadikan panggung politik oleh beberapa ormas.

Karena itu, Soleh menyerukan agar masjid dikembalikan sesuai dengan fungsinya, sebagai tempat ibadah dan menyampaikan pesan suci agama.

“Masjid seharusnya menjadi sarana untuk mempersatukan umat, bukan dijadikan tempat untuk memecah belah dan memperuncing perbedaan,” kata Soleh saat Deklarasi Tolak Politisasi Masjid oleh FSTM di Masjid Fatahillah, Kemayoran, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, politisasi terhadap masjid menjadi kekhawatiran yang penting untuk segera ditangani. Terlebih di daerah yang merupakan basis Islam, mulai muncul permusuhan.

“Kita tahu setiap hari media sosial berdebat soal negara dengan cara yang tidak santun. Kekerasan bermunculan di basis-basis (daerah) Islam, muncul permusuhan, di wilayah masjid sendiri sudah muncul panggung politik,” kata dia.

“Ini kekhawatiran yang konsen, konsen kita adalah menyelamatkan umat jangan sampai umat menjadi masalah hanya karena menyikapi sesuatu yang dapat menjadi masalah,” katanya.

Lebih lanjut Soleh menyatakan, deklarasi Tolak Politisasi Masjid merupakan Program Cinta Negara. Diharapkannya, melalui program ini, Jakarta harus menjadi patokan utama dalam gerakan cinta negara.

Dirinya mengatakan, jika politisasi terhadap masjid terus dibiarkan maka menjadi angin segar bagi kelompok yang mencoba merongrong kedaulatan NKRI dan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top