Connect with us

Menko PMK Gagas Pengembangan Kurikulum Islam Moderat

KABAR

Menko PMK Gagas Pengembangan Kurikulum Islam Moderat

SYIARNUSANTARA.ID – Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menggagas pengembangan kurikulum Islam moderat sejak di bangku sekolah dasar (SD). Ia juga mendorong lembaga-lembaga pendidikan Islam terus menyebarkan pemikiran yang Rahmatan lil Alamin, santun, moderat, dan toleran.

“Kita perlu mengembangkan kurikulum Islam yang moderat di Indonesia, dimulai sejak SD hingga Perguruan Tinggi,” ucapnya saat bersilaturahim dengan Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia dan PB Mathla’ul Anwar, di Perguruan Mathla’ul Anwar, Menes, Pandeglang, Banten, (29/4/2018).

“Saya mengapresiasi kiprah PB Mathla’ul Anwar yang berkontribusi memajukan pendidikan Islam dan senantiasa menyampaikan dakwah dengan moderat, santun. serta mengedepankan toleransi,” ungkapnya.

Ajaran ini  selama ini dikembangkan para sesepuh dan pendiri Mathla’ul Anwar, kata Puan, hendaknya terus dijaga oleh pelajar dan mahasiswa yang menimba ilmu di Mathla’ul Anwar. Menurut Puan, Mathla’ul Anwar juga berperan dalam pengembangan kurikulum Islam moderat.

Karena itu, Puan mengaku tersanjung kedatangannya disambut tulus para tokoh dan pelajar Mathla’ul Anwar.

“Atas nama pemerintahan Presiden Joko Widodo, saya mengucapkan terima kasih karena peran Mathla’ul Anwar dalam mendidik calon pemimpin bangsa,” kata Puan.

Dirinya meminta pengurus Mathla’ul Anwar memberikan masukan dalam penyelenggaraan ibadah haji. Pemerintah, sebutnya, siap menerima masukan dan kritik dalam penyelenggaraan ibadah haji.

Puan juga menceritakan pengalamannya menemui Grand Sheikh Al Azhar Ahmad Mohammad Tayeb di Mesir. Dia menyampaikan dibahasnya potensi kerja sama riil untuk membangun Islam moderat dan meminimalisasi Islam radikal melalui pengembangan kurikulum di Al Azhar serta pendidikan bagi calon dai.

Pada kunjungan kerja ke Mathla’ul Anwar, Menko PMK sekaligus menyaksikan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Mathla’ul Anwar dengan Dewan Masjid Indonesia.

Menko berharap kerja sama Mathla’ul Anwar dengan Dewan Masjid dapat mempercepat upaya bersama membangun kemajuan masyarakat di Indonesia.

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading
You may also like...
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top