Connect with us

Paus Fransiskus Berdoa untuk Korban Bom Gereja Surabaya

KABAR

Paus Fransiskus Berdoa untuk Korban Bom Gereja Surabaya

SYIARNUSANTARA.ID – Paus Fransiskus berdoa untuk korban ledakkan bom di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur. Dalam doanya, Paus juga menyerukan agar aksi kekerasan segera dihentikan.

“Saya sangat dekat dengan masyarakat Indonesia, khususnya komunitas kristiani di Surabaya yang tengah ditimpa serangan serius di gereja,” kata Paus seperti dikutip dari kantor berita Reuters, Minggu (13/5/2018).

“Bersama-sama kita memohon kepada Tuhan untuk menghentikan aksi-aksi kekerasan ini dan untuk memastikan bahwa tak ada lagi ruang bagi kebencian dan kekerasan di dalam hati semua orang, tetapi rekonsiliasi dan persaudaraan,” sambung Paus.

Serangan bom terjadi di Gereja Kristen Indonesia di Jalan Diponegoro, Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya, dan Gereja Pentakosta Pusat Surabaya (GPPS) di Jalan Arjuna.

Sejauh ini, serangan menewaskan sebelas orang dan melukai 41 lainnya. Para pelaku berasal dari satu keluarga yang baru pulang dari Suriah.

Menurut keterangan dari grup pemantau aktivitas terorisme, SITE, kelompok militan Islamic State (ISIS) mengklaim aksi teror di Surabaya via situs propaganda berbahasa Arab, Amaq.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan pengebom 3 gereja di Surabaya sekeluarga terdiri dari bapak dan ibu serta 4 orang anaknya.

Mereka berperan masing-masing melakukan pengeboman di 3 gereja yaitu Gereja Santa Maria Tak Bercela, GKI Diponegoro, dan Gereja Pantekosta Pusat Surabaya Jemaat Sawahan.

Keluarga itu disebut Tito juga tak lepas dari jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan Jamaah Ansharut Tauhid (JAT).

“Pertanyaan ini kelompok mana? Tidak lepas dari kelompok JAD JAT yang merupakan pendukung utama ISIS di Indonesia,” kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam konferensi pers di RS Bhayangkara Surabaya.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top