Connect with us

Polisi Terus Memburu Guru Pengajian Pelaku Bom Surabaya

KABAR

Polisi Terus Memburu Guru Pengajian Pelaku Bom Surabaya

SYIARNUSANTARA.ID – Polisi kini memburu Abu Bakar, orang yang diduga sebagai guru pengajian Dita Supriyanto, pelaku pengeboman tiga gereja yang juga mengajak istri dan anak anaknya. Hal ini disampaikan oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Machfud Arifin dalam konferensi pers yang digelar di Media Center Polda Jawa Timur, Selasa 15 Mei 2018.

Menurut Machfud ajaran dan doktrin Abu Bakar disampaikan melalui pengajian rutin yang dihadiri keluarga Dita. Pengajian juga dihadiri keluarga Anton, terduga teroris yang tewas akibat ledakan bom, saat polisi menggerebek kediamannya di rumah susun Wonocolo, Jawa Timur, Minggu malam. Informasi ini didapat oleh polisi dari kesaksian anak Anton.

“Satu guru, satu kelompok, satu jaringan,” ujar Machfud. “Rata-rata sekolah homeschooling, ini doktrin orang tua teroris kepada anak-anak ini sehingga anak ini mau pakai bom ikat pinggang,” lanjut Machfud. Machfud juga menambahkan inilah fenomena anak dijaga agar tidak banyak berinteraksi dengan orang lain sehingga mudah didoktrin.

Dita Supriyanto, istri dan empat anaknya melakukan teror bom bunuh diri di tiga gereja berbeda di Surabaya, Minggu pagi. Ketiga gereja tersebut antara lain Gereja Santa Maria Tak Bercela, Gereja Kristen Indonesia, dan Gereja Pantekosta.

Malam harinya, sebuah bom meledak di rusunawa Wonocolo Sidoarjo. Bom yang meledak adalah milik Anton. Saat kejadian, Anton beserta istrinya dan seorang anaknya tewas.

Teror Surabaya menyisakan empat anak yatim piatu yang ditinggalkan orangtuanya yang melakukan aksi bom bunuh diri. Tiga orang diantaranya adalah anak dari Anton Febriyanto. Mereka selamat dari ledakan bom di Rusunawa Wonocolo, Sidoarjo. Mereka berinisial AR (15), FP (11) dan GA (10). Sementara, satu anak berinisial AIS (8) selamat saat dibawa orangtuanya mengebom Mapolrestabes Surabaya.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top