Connect with us

Pasar Keuangan Tenang Berkat Pilkada Aman

KABAR

Pasar Keuangan Tenang Berkat Pilkada Aman

SYIARNUSANTARA.ID – Sejumlah daerah di Indonesia menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (pilkada) dengan aman dan damai. Bertepatan dengan penyelenggaraan pilkada, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah.

Pelemahan indeks sejalan dengan melemahnya mayoritas bursa di Asia. “Penurunan yang terjadi lebih karena net sell asing, akibat sentimen ketidakpastian global,” ujar Head of Research Mirae Asset Sekuritas Indonesia Taye Shim, beberapa waktu lalu.

Pengaruh pilkada terhadap pasar saham tak signifikan. Pelaku pasar sudah lebih dulu mengantisipasi isu-isu politik. “Yang penting bagi investor, pilkada berlangsung lancar dan aman,” ujar David.

Sementara itu, sentimen politik tidak akan berpengaruh lama ke pasar. “Tapi, itu semua sifatnya hanya jangka pendek,” tulis Erwan Teguh, analis CGS-CIMB Sekuritas Indonesia. Menurut hitungan dia, rata-rata rentang waktu sentimen pemilu berpengaruh ke pasar hanya berkisar tiga bulan.

Selepas itu, IHSG kembali pada kondisi riil. Pelaku pasar akan kembali fokus pada kinerja emiten. Kinerja emiten ini akan bergantung pada kondisi makroekonomi.

“Sejak 2017, kinerja emiten cenderung menguat. Kami memperkirakan, hal ini akan berlanjut di tahun ini,” kata dia.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top