Connect with us

Pengamat: ISIS Bisa Masuk ke Indonesia Lewat Gerakan Politik

KABAR

Pengamat: ISIS Bisa Masuk ke Indonesia Lewat Gerakan Politik

SYIARNUSANTARA.ID – Direktur Masyarakat Anti-Kekerasan Indonesia (MAKI) Muhammad Baihaqi mengatakan kelompok garis keras Iraq Syria Islamic State (ISIS) tak menutup kemungkinan masuk ke dalam gerakan politik di Indonesia. Apalagi, ujarnya, tahun depan Indonesia akan menggelar hajatan politik besar, pemilihan presiden.

Baihaqi mengatakan, kekalahan terus menerus yang dialami kelompok garis keras ISIS, terutama di Suriah, bisa membuat gerakan itu menyebar ke negara-negara lain, termasuk Indonesia.

“Kekalahan ISIS di wilayahnya, di beberapa tempat di Suriah yang dikuasainya, membuat kelompok ini mengubah arah strategi dan taktiknya. Mereka akan memanfaatkan potensi kekacauan di negara-negara di mana ada sebaran para pendukung ISIS, salah satunya adalah Indonesia,” kata Baihaqi.

Baihaqi mengatakan, jalan yang paling mudah dilakukan adalah memanfaatkan pergantian kekuasaan melalui sistem pemilihan umum.

“Indonesia pada 2019 akan melakukan pemilihan umum dan hanya ada dua pasangan calon yang akan bertarung. Masing-masing pendukung calon terlihat ada gesekan yang kuat, sehingga sangat berpotensi terjadi konflik di antara kedua kubu. ISIS kemungkinan besar akan bermain di sini,” ujarnya.

Menurut Baihaqi, gerakan politik yang berpotensi dimanfaatkan ISIS dan kelompok garis keras lain adalah aksi #2019GantiPresiden.

“Gerakan ini berpotensi menjadi sangat liar dan dimanfaatkan (kelompok garis keras). Mengapa demikian? Karena, kelompok itu melihat PKS memiliki jarak yang dekat dengan mereka,” katanya.

Menurut catatan MAKI, ada beberapa politisi yang berpotensi bergabung bersama kelompok garis keras. Baihaqi pun mengimbau partai politik untuk berhati-hati agar gerakan mereka tidak disusupi atau dimanfaatkan oleh kepentingan kelompok berideolgi transnasional.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top