Connect with us

MUI Berharap Tahun Baru Hijriyah Jadi Babak Baru Umat Islam

KABAR

MUI Berharap Tahun Baru Hijriyah Jadi Babak Baru Umat Islam

SYIARNUSANTARA.ID – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Zainut Tauhid Saadi mengatakan, Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah bisa dijadikan babak baru bagi umat muslim di Indonesia. Apalagi, ujarnya, di tahun ini masyarakat akan dihadapkan pada agenda Pemilihan Umum Legislatif dan Pilpres 2019.

Apalagi, selama ini persatuan umat Islam di Indonesia semakin rentan di tengah perkembangan perpolitikan yang sarat dengan isu-isu di media sosial yang tidak terverifikasi kebenarannya bahkan kabar bohong atau hoaks.

Zainut  berharap umat Islam mampu menatap masa depan dengan penuh perdamaian dan toleransi dalam memasuki tahun politik pada bulan hijriyah atau bermakna hijrah itu.

Dia berharap di momentum di Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah, setiap warga Indonesia dapat meningkatkan amal kebajikan agar dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi umat manusia, bangsa dan negara.

“Perbedaan pilihan tidak harus diwarnai dengan saling menjelekkan, memfitnah, menyebarkan hoaks, dan ujaran kebencian. Karena hal tersebut selain tidak memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat juga dapat menimbulkan gesekan dan retaknya bangunan kebangsaan kita,” kata Zainut.

Ia mengatakan, terdapat hal penting dari kontestasi politik, yaitu menjadikan perbedaan aspirasi sebagai rahmat untuk saling menghormati dan memuliakan agar persaudaraan (ukhuwah) Islamiyah, persatuan umat (wihdatul ummah) dan kebangsaan tetap terpelihara.

“MUI menyeru kepada kaum Muslimin untuk mengembangkan sikap toleransi (tasamuh), keseimbangan (tawazun) dan bersikap adil (i’tidal) dalam menjalankan ajaran agama, agar tidak terjebak pada pertentangan dan perselisihan sempit (furuiyyat) dalam menjalankan ajaran agama,” ujarnya.

Ia juga mengimbau umat bisa menahan diri dalam mengekspresikan politiknya termasuk dalam menyampaikan pernyataan pendapat agar tidak membuat suasana semakin panas, tegang, dan penuh dengan kecurigaan.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top