Connect with us

Cawapres Ma’ruf Amin Paparkan Arah Baru Ekonomi Indonesia

KABAR

Cawapres Ma’ruf Amin Paparkan Arah Baru Ekonomi Indonesia

SYIARNUSANTARA.ID – Calon Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menyatakan mengenai adanya arah baru atau skema pembangunan ekonomi bangsa yang disebutnya sebagai ‘Arus Baru Ekonomi Indonesia’.

Mneurut Ma’ruf, skema itu akan memperkuat kerja Presiden Joko Widodo dalam upaya membawa ekonomi Indonesia semakin maju.

Ia mengatakan, pihaknya ingin membangun skema ekonomi baru yang lebih adil dan menyejahterakan. Dalam konsep lama, ada teori trickle down effect yang mengasumsikan pertumbuhan ekonomi menetes ke bawah, tapi kemudian tidak menetes.

“Sekarang kita balik dari bawah ke atas dengan umat sebagai fokus utama pembangunan kesejahteraan bangsa,” ujar Maruf.

Ia juga ingin mengurangi kesenjangan. Indeks ketimpangan atau rasio gini harus diturunkan. Tentu kita juga tekan disparitas spasial antara pusat dan daerah dan antardaerah.

“Kita ingin ekonomi kian merata, itu sudah dijalankan Pak Jokowi selama ini dan kita perkuat lagi ke depan,” ujar Ma’ruf.

Ma’ruf mengatakan, dengan pembangunan infrastruktur yang kini tidak lagi Jawa-sentris, ekonomi luar Jawa terus bergerak maju. Ma’ruf meyakini, pengembangan ekonomi luar Jawa juga bakal memberi banyak nilai tambah bagi masyarakat. Misalnya, komoditas kakao Sulawesi yang dijual mentah secara murah, selama ini nilai tambahnya hanya dinikmati perusahaan raksasa.

“Dari Sulawesi, kakao dijual murah. Masuk luar negeri, diolah sedikit jadi mahal, masuk lagi ke Indonesia dengan harga tinggi. Besok kita taruh nilai tambah itu di Indonesia. Kerja Pak Jokowi memeratakan pembangunan hingga luar Jawa adalah bagian dari ikhtiar memberi nilai tambah ekonomi itu,” katanya.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top