Connect with us

Aksi Lawan Hoax Kian Ramai di Masyarakat

Uncategorized

Aksi Lawan Hoax Kian Ramai di Masyarakat

SYIARNUSANTARA.ID – Gerakan atau aksi melawan hoax atau berita bohong makin ramai dan bermunculan di masyarakat. Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), misalnya, sejumlah komunitas masyarakat melakukan aksi keprihatinan terhadap merebaknya hoax belakangan ini.

Aksi serupa dilakukan oleh Relawan Joko Widodo-Ma’ruf Amin untuk Kemuliaan Indonesia (Rejo Mulia) di titik nol kilometer Kota Yogyakarta (10/10/2018).

Menurut Ketua Rejo Mulia, K. H. Masrur Ahmad, Rejomulia turut prihatin dengan massifnya fenomena ujaran kebencian (hate speech), kampanye negatif (black campaign) hingga mudahnya mengumbar berita bohong (hoax) di media sosial maupun realitas sosial.

Kabar kebencian, kebohongan, maupun pemutarbalikan fakta, ujarnya, sudah sangat parah dan diartikulasikan secara permisif.

Bahkan fenomena itu juga diproduksi oleh tokoh-tokoh politik yang sepertinya mempertontonkan daya nalar mereka.

“Hal itu jika tidak disadari dan direm oleh seluruh elemen masyarakat berpotensi membubrahkan NKRI,” ujarnya.

Aksi ini berupa happening art dalam bentuk menari bersama secara kolosal menggunakan aneka topeng karakter lucu. Topeng lucu dipilih agar masyarakat terhibur dan senang dengan aksi damai ini tanpa meninggalkan nilai
estetika.

Aksi melawan hoax ini juga dilakukan Gerakan Rakyat Anti Hoax (GERAH) berupa aksi budaya dengan melarung tokoh wayang Sengkuni, di Bantul, melalui simbolisasi ritual budaya.

Berbagai rupa tokoh wayang Sengkuni dibuang ke laut dengan harapan agar watak pembohong atau penyebar berita bohong dan ujaran kebencian tidak ada lagi di nusantara.

Koordinator Gerakan Rakyat Anti Hoax, GERAH, Anter Asmorotejo mengatakan, aksi budaya bersama masyarakat Jogja dengan larung tokoh wayang Sengkuni sebagai simbol membuang sifat licik, jahat, angkara murka dan suka bohong. Makna larung tokoh tokoh wayang yang memiliki karakter buruk seperti Sengkuni, Dasamuka yang melambangkan keserakahan.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Uncategorized

To Top