Connect with us

Pengamat: Masukkan Nilai HAM, Agama, dan Demokrasi dalam Penilaian Guru

KABAR

Pengamat: Masukkan Nilai HAM, Agama, dan Demokrasi dalam Penilaian Guru

SYIARNUSANTARA.ID – Pemerhati pendidikan dan ketua Yayasan Cahaya Guru, yayasan yang kerap memberikan pelatihan bagi guru-guru di pelosok Indonesia, Henny Supolo Sitepu, mengusulkan untuk memasukkan nilai-nilai HAM, agama, demokrasi dan kemajemukan bangsa ke dalam akreditasi sekolah dan penilaian guru.

Nilai-nilai tersebut, ujarnya, tertuang dalam Pasal 4 UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Usulan ini ia kemukakan karena ia masih menemukan bahwa masalah-masalah yang terkait dengan kebhinekaan di institusi pendidikan Indonesia sudah terjadi sejak 2007.

“Jadi pendekatannya perlu lebih strategis. ‘Untuk masa depan kamu gak punya pilihan lain karena anak-anakmu akan bekerjasama dengan berbagai latar belakang, kalau tidak terbiasa untuk bekerja sama dari masa kecilnya maka anak-anakmu akan ketinggalan’,” usul Henny.

Henny berpendapat bahwa intoleransi guru disebabkan karena homogenitas lingkungan para guru. Oleh karena itu mereka harus diberikan kesempatan untuk berjumpa dengan kelompok-kelompok yang berbeda.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top