Connect with us

Ma’ruf Amin Tegaskan Fikih Bisa Selesaikan Konflik

KABAR

Ma’ruf Amin Tegaskan Fikih Bisa Selesaikan Konflik

SYIARNUSANTARA.ID – Cawapres KH Ma’ruf Amin menyatakan, kitab fikih juga bisa menjadi referensi dalam menyelesaikan konflik sosial di Indonesia, selain kitab tafsir dan hadis.

fMenurutnya, Fiqih adalah ilmu dalam syariat Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia. Baik kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun kehidupan manusia dengan Tuhannya.

“Sebagai Kiai tentu refrensinya tentu Tafsir, Hadits, terutama Fiqih. Karena Fiqih itu sifatnya solusi. Fiqih itu bisa memberi solusi problem-problem,” ujar Kiai Ma’ruf.

Ia mengatakan, dia sering membaca kitab Fikih karena juga bisa menyelesaikan persoalan-persoaln konflik. Selain Fikih, Kiai Ma’ruf juga mengaku sering membaca buku-buku politik dan ekonomi.

“Solusi Fikih sering bisa selesaikan persoalan konflik yang terjadi. Selain itu tentu buku-buku politik, ekonomi,” kata Kiai Ma’ruf.

Selain mengungkapkan kitab atau buku yang menjadi referensinya, Kiai Ma’ruf juga menceritakan ketertarikannya pada film. Namun, Kiai Ma’ruf mengaku lebih suka dengan film yang menceritakan tentang perjuangan dan penyelesaikan konflik. “Bagaimana perjuangan, bagaimana menyelesaikan konflik, itu yang menjadi perhatian saya,” jelas Kiai Ma’ruf.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top