Connect with us

Bela Negara Kewajiban Setiap Warga Negara

KABAR

Bela Negara Kewajiban Setiap Warga Negara

SYIARNUSANTARA.ID – Kepala Badan Kesatusan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Timur, Jonathan Judianto mengungkapkan, upaya bela negara merupakan kewajiban bagi setiap warga negara yang diatur dalam Undang-undang Dasar.

Ia mengatakan, tidak hanya militer, warga sipil juga dapat terlibat dalam usaha bela negara, demi kesatuan dan keselamatan bangsa.

“Membela negara tidak hanya dilakukan oleh militer, tetapi juga bisa dilakukan oleh mereka-mereka yang bukan militer. Terutama untuk menghadapi ancaman non-militer, yaitu ancaman tanpa bersenjata yang mempunya kemampuan membahayakan, atau berimplikasi mengancam kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa,” tukas Jonathan.

Jonathan menambahkan, aksi bela negara sangat diperlukan dilakukan oleh seluruh rakyat Indonesia, demi menjaga kedaulatan dan semangat nasionalisme warga bangsa dari berbagai ancaman yang muncul.

“Bela negara itu sebenarnya menjaga nasionalisme kita supaya jangan sampai ada pihak asing atau pihak dalam sendiri yang merongrong kewibawaan dari sebuah kedaulatan negara Republik Indonesia. Jadi nasionalisme Indonesia itu yang perlu ditegakkan, baik ke luar maupuan ke dalam. Jangan sampai ada rongrongan dari anak bangsa sendiri, jangan pula ada rongrongan dari pihak asing. Jadi dua segmen, internal dan eksternal itu yang akan menjadi kunci bahwa perlunya tetap ada bela negara itu,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top