Connect with us

Pemimpin Muda Asean Belajar Nilai Toleransi dan Perdamaian

KABAR

Pemimpin Muda Asean Belajar Nilai Toleransi dan Perdamaian

SYIARNUSANTARA.ID – Sekretaris Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemko PMK) YB Satya Sananugraha, mengajak 22 pemimpin muda dari Asean (Association of Southeast Asian Nations) mempelajari bersama nilai-nilai toleransi dan perdamaian.

Hal itu dikemukakan Satya saat membuka acara The Asean Youth Interfaith Camp 2018 di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, beberapa waktu lalu.

Seskemko PMK selaku SOCA Leader Indonesia mengatakan, kegiatan Asean Youth Interfaith Camp ini sangat penting karena menyatukan 22 pemimpin muda dari berbagai negara yang datang dari berbagai latar belakang berbeda, bahasa dan agama yang berbeda. Mereka berkumpul bersama di satu tempat mempelajari nilai-nilai toleransi dan perdamaian.

“Untuk menghadapi berbagai tantangan saat ini, Asean perlu memperkuat identitas bersama untuk menjembatani berbagai perbedaan di kawasan Asean yang sangat beragam, serta bersama-sama mengupayakan agar Asean tetap berpusat pada kesejahteraan bersama,” kata Satya.

Ditambahkannya, agar perdamaian menjadi tujuan bersama, maka semua negara harus bersama-sama berkomitmen dan menjadi lebih berani, lebih bersemangat dalam mewujudkan perdamaian, moderasi dan toleransi.

Satya menjelaskan, ketika Deklarasi Asean tentang budaya pencegahan diadopsi oleh pimpinan Asean pada KTT Asean ke-31 di Manila pada saat HUT Asean ke-60, diyakini deklarasi tersebut merupakan salah satu tonggak penting dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi masyarakat di Asean.

Asean Youth Interfaith Camp adalah inisiatif Indonesia untuk melaksanakan 3 dari 6 elemen Asean Declaration on Culture of Prevention. Kampanye ini bertujuan mempromosikan budaya perdamaian dan pemahaman antar budaya serta mempromosikan nilai-nilai moderat.

Tujuan utama dari Asean Youth Interfaith Camp adalah untuk menanamkan pada generasi muda Asean agar dapat menjadi agen perubahan untuk memelihara perdamaian di kawasan Asean.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top